Pengertian Daya Saing Bangsa Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Daya Saing Bangsa Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Daya Saing Bangsa Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Pemahaman mengenai pentingnya daya saing bangsa, muncul dan berkembang seiring dengan arus globalisasi yang begitu pesat, sehingga menuntut bangsa untuk mampu bersaing secara global.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini indonesiastudents.com akan mengemukakan mengenai pengertian daya saing bangsa menurut para ahli.

Baca Juga: 11 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli

Pengertian Daya Saing


Daya saing adalah tingkat keunggulan yang di dalamnya terdapat perbedaan dengan yang lainnya. Keunggulan tersebut dipenggarugi oleh 2 faktor, yaitu faktor keunggulan koperatif dan faktor keunggulan kompetitif.

Pengertian Daya Saing Bangsa Menurut Para Ahli


Barata Atmaja (1994)

Menurutnya, daya saing bangsa adalah kemampuan, kekuatan, dan kesanggupan suatau Negara atau bangsa dalam bersaing.

Hatten dan Resenthal (2000)

Menurutnya dalam menghadapi daya saing bangsa suatu negara perlu dan penting untuk penguasan terhadap bidang ilmu dan teknologi dalam kadar yang memadai, sehingga hal ini sangat diperlukan agar masyarakat kedepannnya dapat meningkatkan kemampuan terhadap segala bentuk kreativitas, pengembangan, dan penerapan IPTEK yang dimilikinya.

Dari berbagai bentuk penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa derasnya arus globalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia nampaknya tidak seimbang dengan pemahaman tentang karakter dan budaya bangsa. Sehingga bangsa dan masyarakat Indonesia saat ini bersifat terbuka absolut dari pengaruh luar.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Daya Saing Bangsa Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya pengertian atau definisi ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi seganap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Daya Saing Bangsa”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

 

Rate this post