5 Pengertian Roman Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Roman Menurut Para Ahli

Roman adalah salah satu jenis cerita fiksi yang ada di dalam kehidupan masyarakat, selain daripada arti cerpen atau makna novel. Karya sastra roman dapatlah dikatakan cerita fiksi karena roman berisi khayalan atau rekaan dari sang pengerang cerita.

Sebagai ulasan lebih lanjut mengenai roman, tak ada salahnya dalam tulisan ini akan memberikan penjabaran mengenai pengertian roman menurut para ahli hal ini penting sebab para ahli tentunya lebih paha mengenai seluk-beluk roman.

Roman

Pada hakikatnya, roman diakui ataupun tidak sudah dikenal luas diseluruh masyarakat di dunia, bahkan di Indonesia roman begitu mengalami perkembangan yang sangat pesan atau singnifikan terutama pada masa kerajaan.

Disisi lainnya, secara singkat arti roman adalah roman karya fiksi yang gambaran cerita menurut pengerangnya sendiri, yang di dalamnya menampilakan keseluruhan hidup tokoh utamana terutama mengenai kehidupan sosialnya, seperti kehidupan percintaan.

Pengertian Roman Menurut Para Ahli

Adapun definisi roman menurut para ahli, antara lain;

  1. Matzkowski (1998 )

Mengartikan roman sebagai karya sastra dari golongan rakyat biasa yang mengalami perkembangan dari masa ke masa.

  1. Goethe (dalam Neis, 1981)

Memberi pengertian roman sebagai cerita atas peristiwa  yang mungkin   terjadi   tapi tidak mungkin terjadi dalam sebuah perwujutan daripada kenyataan.  Oleh karena itu Goethe  menegaskan bahwa roman adalah karya fiksi yang subjektif,.

  1. Ruttkowski  dan  Reichman  (1974)

Mengatakan, bahwa roman dalam ulasan kisah yang menggambaran beberapa  orang  tokoh yang ada dalam creita fiksi yang dibuat oleh si pengerang.

  1. Wikipedia

Memberikan pengertian bahwa roman adalah suatu karya sastra dalam bentuk prosa yang isinya menggambarkan perbuatan pelakunya berdasarkan kisah percintaan.

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Memberi pengertian bahwa roman ialah karangan prosa yang mengulas tentang cerita dahulu kala atau zaman yang sudah terjadi sebelumnya.

Contoh Roman

Contoh daripada karya sastra roman yang basa kita dengarkan misalnya saja;

  1. Kerajaan Singosari

Mengenai berdirinya kerajaan Singosari yang akhirnya menjadi Kerjaan Majapahit. Tokoh yang digambarkan dalam perjalanan Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit ada banyak, bukan hanya Ken Arok akan tetapi kisah Keris Empu Gandring, Gajah Mada, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian roman menurut para ahli dan contohnya yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari definisi roman.

Rate this post