3 Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Demografi sangat perlu untuk kita pahami, mengingat dalam segala bentuk tindakan yang menjelaskan tentang permasalahan kependudukan memerlukan ilmu demografi.

Oleh karenanya dalam upaya mengatasi permasalahan kependudukan tersebut penting bagi para ahli, mahasiswa, pelajar, atau masyarakat biasanya sekalipun memahami pengertian demografi dan pentingnya demografi sebagimana yang dikemukakan oleh para ahli.

Demografi

Demografi secara harfiah bersal dari kata bahasa latin, demos dan nomos. Demos disini bisa diartikan sebagai rakyat dan nomos dalam bahasa latin yang diartikan menulis.

Sehingga secara singkatnya pengertian demografi adalah catatan mengenai rakyat ataupun sistem sosial pendudukan yang ada di suatu Negara, termasuk Indonesia yang secara khusus mempunyai jumlah penduduk tinggi. Bahkan terbesar ke-4 di dunia.

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Adapun defininis demografi menurut para ahli, antara lain;

  1. United Nations Multilingual Demographic

Demografi diartikan sebagai studi ilmiah keilmuan yang menjelaskan tentang sistem kependudukan, terutama yang terkait dengan jumlah penduduk, struktur, serta perkembangannya dalam suatu wilayah tertentu. Yang mencangkup angkatan kerja, jumlah pengangguran, dan lainnya.

  1. Philip M Hauser dan Duddley Duncan (1959)

Demografi adalah ilmu pengerathuan yang menjelaskan tentang ukuran penduduk, struktur penduduk, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap hari-harinya akibat adanya kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.

  1. Johan Susczmilch (1762)

Definisi demografi adalah sistem ilmu pengetahuan yang senantisa menjelasan terkait dengan perubahan sosial yang mencangkup kematian dan kelahiran. Sehingga atas dasar inilah setidaknya spesifikasi pengetahuan ini dikenal dengan hukum ilahi.

Kesimpulan

Jika dianalisa lebih mendalam pengertian-pengertian ahli demografi tersebut menunjukan bahwa demografi takan bisa lepas dari upaya mengantisipasi masalah kependudukan, dimana masalah penduduk akan berkontribusi besar  dalam pembangunan, apakah mendorong atau justru menjadi beban bagi sebuah negara.

Contoh Demografi

Secara pribadi dalam kehidupan sehari-hari kita belum begitu menyadari segala manfaat memahami demografi, hal ini dikeranakan sikap tak acuh pada pertumbuhan penduduk dan kualitas penduduk di berbagai Negara berkembang di dunia, termasuk di Indonesia.

Tetapi meskipun begitu, disadari ataupun tidak bagi kita hal-hal yang berkaitan dengan demografi masyarakat termasuk kita juga akan mengalami dampak daripada demografi.

Maju atau mundurnya sebuah Negara tergantung bagimana kebijakan pemerintahnya dalam mengelola demogarfi. Misalnya saja begini,  dalam kehidupan sehari-hari saat kita sakit atau kurang enak badan kita memutuskan untuk berobat di rumah sakit. Saat ingin berobat kita harus melalui prosedur, salah satunya adalah prosedur untuk menunggu.

Karena kewajiban tertib kita menunggu sampai mendapat paggilan. Di ruang  tunggu praktik dokter paling lebar berukuran 6 x 6 meter. Awalnya hanya ada lima orang menunggu. Kemudian satu per satu orang datang. Kecepatan orang yang masuk ruang tunggu tidak sebanding dengan orang yang dipanggil masuk ke ruang periksa.

Sehingga ruang yang tadinya nyaman menjadi sesak, ada yang menangis, merintih, hingga marah-marah karena antriannya terlewati. Sayangnya kita tidak tahu kalau antrian akan sepenuh itu. Seandainya kita mengetahui dari awal tentu kita akan menyiapkan diri lebih baik, misalnya dengan berangkat lebih awal atau berangkat lebih pagi, membawa air minum, atau malah memilih ke tempat praktik dokter lainnya.

Cerita itulah contoh sederhana tentang betapa pentingnya demografi dipahami oleh masyarakat. Sebab dari contoh tersebut jika dianalisa lebih lanjut merupakan bentuk demografi yang mencangkup tentang ukuran penduduk, struktur penduduk, dan distribusi penduduk yang tidak seimbang akan menimbulkan kegagalan dan kekecewaan.

Begitu juga dengan pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun daerah mengetahu data demografi lebih penting lagi. Sebab data demografi akhirnya digunakan untuk menganalisis dan mengantisipasi dampak perkembangan kependudukan. Data tersebut sangat berguna untuk menyusun berbagai kebijakan dalam mendorong terciptanya kesejahteraan, dengan kebijakan yang tepat dan keputusan yang baik selalu yang menjadi pertimbangan pemerintah adalah demografi.

Ulasan itu menujukan bahwa pengertian demografi menurut ahli adalah data digunakan untuk  mengembangkan dan menganalisis  hubungan sebab akibat  antara perkembangan penduduk dan bermacam-macam aspek  pembangunan baik fisik ataupun non fisik, agar sekiarnya nantinya kebijakan pembangunan yang dikeluarkan akan mempu memaksimlkan demografi dengan baik.

3.7/5 - (7 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.