4 Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada

pengertian hipotesis penelitian menurut para ahli

Membuat penelitian ilmiah seseungguhnya takan bisa lepas dengan salah satu unsur penelitian ilmiah, usur-unsur penelitian ilmiah tersebut salah satunya adalah hipoteisis penelitian. Apa sih yang dimaksud hipotesis penelitian?, pertanyaan ini sederhana tapi membuatuhkan jawaban yang sesungguhnya sangat rumit.

Seringkali katika melakukan penelitian, kesulitan yang ditemukan ialah mengartikan atau mendeskripsikan tentang hipotesis penelitian yang kita lakukan. Sebagai gambaran umum atau sebagai pengetahuan awal akan membagikan tentang pengertian hipotesis penelitian atau defenisi hipotesis penelitian sebagimana yang dikemukakan oleh para ahli.

Hipotesis Penelitian

Kata hipotesis pada hakikatnya terdiri dari dua kata, hypo yang artinya sebelum, dan thesis yang memiliki arti pernyataan atau pendapat. Sehingga secara sederhannya dari dua kata tersebut dapat diberi pengertian hipoteisi penelitian.

Hipotesis dalam penelitian adalah dugaan sementara atau jawaban sementara atas permasalahan penelitian didasarkan atas suatu atau beberapa dasar pemikiran yang diperoleh dari teori-teori yang memerlukan data untuk menguji kebenaran dugaan atau jawaban tersebut.

Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi hipotesis penelitian menurut para ahli, antara lain;

  1. Arikunto (2007)

Hipotesis dalam penelitian adalah serangkaian bentuk alternatif dugaan atas hadirya jawaban yang dibuat oleh peneliti yang melakukan penelitia atas problematika yang diajukan dalam penelitiannya. Sehingga prihal ini subjek penelitian dan objek penelitian sudah ditentukan.

  1. Zikmund

Hipotesis dalam penelitian adalah bentuk proposisi yang belum terbukti namun dalam realitasnya menerangkan fakta-fakta atau fenomena tertentu dan juga dugaan sementara atas jawaban yang memungkinkan terhadap pertanyaan riset.

  1. Nasution

Hipotesis penelitian adalah sesuatu pernyataan awal yang dikemukakan oleh penelitian sehingga pada akhirnya menimbulkan dugaan mengenai apa saja yang sedang kita amati dalam usaha untuk memahami hasil penelitian yang ingin dilakukan.

  1. Sugiyono

Hipotesis penelitian adalah kerangka pemikiran yang biasanya dibuat dalam proses penyelesaian penelitian. Disinilah seseorang dilakukan si peneliti untuk kemudian dibuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau tidak benar.

Kesimpulan Arti

Kesimpulan yang dapat ditarik dari ahli yang menerangkan defenisi hipotesis penelitian maka dimaknai sebagai jawaban sementara si peneliti terhadap rumusan masalah penelitian. Dikatakan sementara disini, karena fungsi hipotesis penelitian dianggap jawaban yang kemukakan melalui hipotesis baru didasarkan teori, dan belum menggunakan fakta-fakta yang di dapat dari hasil penelitian.

Contoh Hipotesis dalam Penelitian

Misalnya mahasiswa sosiologi ingin membuat skripis tentang “Faktor Perkawainan Usia Muda di Desa Sukamaju, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lombok Barat” maka hipostsis yang dimunculkan tersebut bisa seperti ini (tergantung teori dan masalah yang dijadikan pedoman penelitian).

  1. Tingginya pernikahan usia muda di Desa Sukamaju, karena rendahnya pendidikan
  2. Rendahnya pendidikan mengakibatkan masyarakat di Desa Sukamaju memiliki pendapatan yang rendah
  3. Faktor ekonomi yang lemah berdasarkan peneliti terdahulu akan mendorong orangtua untuk segera menikahkan anaknya, meski usianya relatif masih muda belum memenuhi syarat perkawainan

Setelah ulasan tentang pengertian hipotesis penelitian menurut para ahli dan contohnya. Meskipun contoh hipoteisi penelitian ini sederhana, semoga dapat memberikan gambaran awal bagi sipapun yang ingin melakukan penelitian, baik skripisi, tesis, atau karya tulis lainnya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *