Pengertian Diskusi dan Jenisnya Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Diskusi menjadi istilah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Sebab hampir setiap waktu seseorang melaukan kegiatan ini, baik kesesama profesi, keluarga, atau tetangga.  Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini IndonesiaStudent,Com akan mengulas lebih dalam tentang diskusi, agar sekiranya dapat memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi siapapun yang ingin memdalami istilah “Diskusi

Baca: Pengertian Talk Show dan Contohnya Lengkap

Diskusi pada hakekatnya berasal dari Bahasa Latin, yaitu discutio atau discusium  yang memiliki arti bertukar pendapat. Dalam Bahasa Inggris, to discuss ‘berunding’. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Berdasarkan asal-usul kata dan arti KBBI tersebut maka dapat dijelaskan pengertian diskusi adalah sebagai berikut;

Pengertian Diskusi


Diskusi dapat diartikan sebagai pertemuan ilmiah yang dihadiri oleh dua orang atau lebih untuk berunding atau bertukar pikiran terhadap suatu topik permasalahan, menentukan sebab, dan mencari penyelesaiannya sehingga diperoleh pemahaman dari topik tersebut sebagai kesepakatan. Kesimpulan sebagai hasil diskusi seharusnya menjadi jalan keluar yang terbaik terhadap permasalahan tersebut.

Adapun untuk jenis diskusi banyak macamnya, akan tetapi secara garus besar dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu;

Jenis-Jenis Dikusi


Jenis diskusi sebagaimana yang telah disebutkan, dibagi atas 2 kelompok besar. Yaitu;


  1. Diskusi  terbuka.

  2. Diskusi tertutup.

Penjelasan tentang jenis diskusi terbuka dan diskusi tertutup beserta dengan contohnya akan di uraikan sebagai berikut;

Dikusi Terbuka


Berikut ini, jenis-jenis dikusi terbuka beserta dengan contihnya;

Simposium
Simposium adalah pertemuan dengan beberapa pembicara yang mengemukakan pidato singkat tentang topik tertentu atau tentang beberapa aspek dari topik yang sama. Jenis diskusi ini sifatnya pidato, komunikasi satu arah, tidak ada tanya jawab.

Contoh Simposium


  • Simposium Nasional Hasil Penelitian dan Inovasi Pendidikan Tahun 2011 di  Denpasar, Bali,  pada 20—22 September 2011.

  • Simposium Internasional ke-6 di Tokyo, Jepang pada 20—23 September 2014.

Panel
Panel adalah kelompok pembicara dalam diskusi yang membahas suatu topik,  yang sedang mutakhir dan menjawab pertanyaan di depan hadirin (penonton, pendengar).

Contoh Panel


  • Diskusi Panel: “Strategi Kebudayaan untuk Kepemimpinan Bangsa Indonesia.” Tempat Auditorium Pusat  Studi Jepang Universitas Indonesia,  kampus UI Depok, 24 Maret 2011.

  • Diskusi Panel yang diselenggarakan UNESCO: “International Policy Forum on Literacy  and Life Skills  Education for Vulnarable Youth Trought Community Learning Centre” Jakarta, 20 Agustus 2013.

Seminar
Seminar adalah adalah bagian dari diskusi terbuka yang artinya seuatu pertemuan beberapa orang yang mempunyai keahlian yang sama untuk membahas permasalahan tertentu dari sudut pandang keilmuan.

Contoh Seminar


  • Seminar Nasional Tentang Pariwista

  • Seminar Internasional tentang Bonus Demografi

Debat
Debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan  saling memberikan alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Contoh Debat

  • Debat di program Indonesia Lawyers Club (tvOne): “UN Amburadul: Tanggung Jawab Siapa?” 23 April 2013.
  • Debat Capres dan Cawapres 1: “Pemerintahan Demokrasi, Pemerintahan Bersih, dan Kepastian Hukum” di Balai Sarbini, Senin 9 Juni 2014, pukul 20.00 WIB dan disiarkan langsung SCTV dan Indosiar.

Kongres
Kongres adalah pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk  mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah. Pertemuan wakil-wakil negara untuk membicarakan satu masalah juga disebut kongres.

Contoh Kongres

  • “Kongres Bahasa Melayu” di Batam, Kepri, Minggu 14—16  Juni 2015.
  •  “Kongres  Bahasa Indonesia X” di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Salah satu hasil kongres, yakni Penguatan Bahasa Indonesia di Dunia Internasional.

Diskusi Tertutup


Adapun untuk jenis-jenis dikusi tertutup dan contohnya adalah sebagai berikut;

Konferensi
Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat  mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Contoh Konferensi

  • “Konferensi Asia Afrika 2015”, di Jakarta dan Bandung.
  • “Konferensi Meja Bundar” di Den Hag, Belanda.

Komisi
Komisi adalah sekelompok orang yang ditunjuk atau diberi wewenang oleh pemerintah  untuk menjalankan tugas tertentu

Santiaji
Santiaji adalah pemberian petunjuk atau pengarahan mengenai strategi kerja  (terkadang disertai peragaan atau pelatihan) disebut juga taklimat.

Lokakarya (workshop)
Lokakarya adalah pertemuan antara para ahli untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan di bidang keahliannya. Disebut juga sanggar kerja.

Ramu Pendapat (branstorming)
Ramu pendapat adalah jenis diskusi dengan memunculkan gagasan sebanyak- banyaknya lalu diambil keputusan.

Diskusi Kelompok (Buzz Group)
Diskusi kelompok adalah diskusi yang terdiri dari 5-7 orang dan mendiskusikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama.

Kolokium
Kolokium adalah sejenis diskusi yang pembicaraannya adalah para ahli dengan  teknik tidak berceramah, melainkan langsung dimulai dengan tanya jawab.

Rapat (forum)
Rapat adalah diskusi kelompok resmi bersifat tatap muka (meeting) yang diselenggarakan oleh organisasi swasta dan perintah.

Demikialah ulasan lengkap mengenai pengertian diskusi beserta jenis-jenis diskusi, baik diskusi tertutup ataupun diskusi terbuka. Semoga dapat memberikan pengetahuan bagi siapapun yang sedang atau akan menyelenggarakan agenda dikusi. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;