3 Pengertian Energi Panas Menurut Para Ahli dan 2 Contohnya

Diposting pada
Pengertian Energi Panas Menurut Para Ahli
Pengertian Energi Panas Menurut Para Ahli

Energi panas atau yang seringkali disebut dengan energi kalor secara umum dapat didefinisikan sebagai perpindahan yang terjadi antara energi yang melintasi batas sistem berdasarkan perubahan suhu antara sistem dan berbagai bentuk lingkungannya.

Oleh karena itulah, sebagai uraian lebih dalam, tulisan ini akan menjelaskan tentang pengertian energi panas menurut para ahli.

Energi Panas

Energi panas menjadi penyebutan daripada semua energi dari sistem yang berhubungan dengan komponen mikroskopisnya dalam jenis partikel atom dan molekul- ketika diandang dari kerangka acuan diam yang mengacu pada pusat massa sistem.

Dimana sebagai analoginya atas perbedaan antara kalor dan energi dalam, perhatikan perbedaan antara usaha dan energi mekanik.

Pengertian Energi Panas

Energi panas adalah terjadinya perpindahan panas dari suatu zat ke zat lain seringkali terjadi dalam industry melalui berbagai bentuk proses. Demikian juga, kita tidak dapat mengatakan istilah kalir sebuah sistem kita hanya dapat mengacu pada kalor ketika energi telah berpindah sebagai akibat dari perbedaan suhu. Kalor dan usaha adalah cara-cara mengubah energi dari sistem.

Pengertian Energi Panas Menurut Para Ahli

Adapun definisi energi panas menurut para ahli, antara lain;

  1. Serway (2010)

Pengertian energi panas (kalor) adalah suatu usaha yang dilakukan pada sistem adalah suatu ukuran jumlah energi yang dipindahkan kepada sistem dari sekelilingnya, sementara energi mekanik dari sistem (kinetik dan potensial) adalah konsekuensi dari gerakan konfigurasi sistem.

  1. Keith (dalam Ryanuargo, 2013)

Menurutnya,  perpindahan energi panas secara umum terjadi dengan tiga cara, yakni: konveksi, konduksi, dan sitem radiasi.

  1. Nuri (2014)

Energi panas adalah energi yang  terdapat dalam benda-benda panas. Benda-benda tersebut pada umumnya terbakar sehingga menghasilkan panas. Misalnya saja dalam arti ini, Bumi dalam keadaannya di dalam bumi terdapat magma, dalam magma tersebut dapatlah diuraikan memiliki sifat panas, yang kemudian disebut dengan energi panas bumi.

Contoh Energi Panas

Berikut berbagai contoh dalam energi panas, misalnya;

  1. Energi panas bumi
  2. Energi panas matahari

Demikianlah uraian atas penjelasan pengertian energi panas menurut para ahli, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencarai refrensi “Apa itu energi panas?”.

1.5/5 - (30 votes)