4 Pengertian Grafiti (Super Lengkap)

Diposting pada

indonesiastudents.com– Graffiti pada dasarnya bersal dari bahasa latin, graphium (menulis). Awal mula grafiti ini dikenal setelah dipakai oleh para arkeolog untuk mendefinisikan suatu bentuk tulisan di bangunan kuno bangsa Romawi dan Mesir.

Grafiti sangat mudah kita temukan di Indonesia, terutama di setiap sudut jalan kota-kota besar. Bahkan untuk di Bandung, Jakarta, dan Jogjakarta seni lukis grafiti diperdayakan guna mendukung keindahan dan juga menjadi wahana wisata bagi para genarasi muda.

Baca: Arti Vandalisme dan Contohnya

Meskipun begitu tak jarang diantara kurang mengetahui makna, pengertian, defenisi, atau arti grafiti. Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan memeberikan pengertian grafiti.

Pengertian Grafiti


Grafiti adalah kreasi seni yang di ekspresikan seniman lewat media tembok, beton, jembatan, atau media dinding. Yang bisanya dalam bentuk huruf atau gambar dengan warna yang beraneka ragam, sesuai dengan pemasan atau sesuai dengan kata hati dalam “seni”.

Sedangkan pengertian grafiti menurut para ahli, grafiti memiliki arti sebagai berikut;

Pengertian Grafiti Menurut Para Ahli

Anugra (2010)

Grafiti adalah simbul sosial yang dituangkan oleh seniman berdasarkan hasil pemikiran dan tindakan selama proses berkarya.

Indroyati (2011)

Menurutnya, arti grafiti adalah coretan yang memiliki arti dan juga tujuan.

Wikipedia

Grafiiti adalah coretan yang dituangkan pada dinding dengan berbagai komposisi warna, simbul, bentuk, vulum, dan garis.

Eksiklopedia Nasional

Grafiti adalah tulisan yang dituangkan dalam tembok sehingga membentuk lukisan atau tidak yang mengandung simbul dan arti.

Dari 4 pengertian grafiti menurut para ahli di atas, dapat dikatakan jikalau grafiti pada dasarnya merupakan salah satu jenis seni lukis yang dituangkan oleh seniman, melalui media-media publik. Lukisan tersebut umumnya mengandung makna atau arti secara tersirat dan tersurat.

Demikianlah 4 pengertian grafiti menurut para ahli, semoga dengan adanya arti grafiti ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mengulas lebih dalam tentang “Grafiti”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;