11+ Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap

pengertian entrepreneur

indonesiastudents.comEntrepreneur pada dasarnya berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara, entrepreneur dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai pengusaha atau wirausaha. Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian entrepreneur menunjuk pada orang yang berusaha di bidang perdagangan.

Baca: Contoh Artikel Ekonomi

Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang memahami arti entrepreneur atau entrepreneurship. Oleh karena itulah, indonesiastudents.com pada ulasan kali ini akan memberikan penjabaran tentang pengertian entrepreneur menurut para ahli.

Pengertian Entrepreneur


Entrepreneur adalah orang yang berani menciptakan peluang dan mengambil resiko tertentu untuk membuat suatu usaha sendiri. Dalam hal ini tujuan yang dicapai adalah untuk mendapatkan nilai-nilai perekonomian yang menunjang. Baik itu untuk wirausaha sendiri, maupun untuk orang lain yang terikat dengan usaha tersebut.

Selanjutnya agar tidak bias memahami pengertian entrepreneur, berikutnya akan diberikan arti entrepreneur menurut para ahli;

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli


Thomas W. Zimmerer (2008)

Menurutnya, arti entrepreneurship (kewirausahaan) adalah  penerapan kreativitas dan keinovasian untuk  memecahkan  permasalahan dan  upaya  memanfaatkan  peluang-peluang  yang  dihadapi  orang  setiap  hari.

Dun Steinhoff dan John F. Burgess (1993)

Pengertian entrepreneur wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang  berusaha.

Schumpetet (1934)

Entrepreneurship adalah hal yang harus ditingkatkan demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan stabil.

Kathleen

Menurutnya, makna entrepreneur adalah seseorang yang mengatur, menanggung, dan menjalankan usahanya diatas segala resiko bagi pekerjaan.

Arif F Hadipranata

Arti entrepreneur ialah seseorang yang mampu pengambil resiko yang diperlukan dalam mengelola, mengatur, dan menerima keuntungan finansial.

Andrew J Dubrin

Definisi entrepreneur adalah seseorang yang mampu mendirikan dan menjalankan usahanya dengan cara yang inovatif.

Richard Cantillon (1775)

Definisi entrepreneur kewirausahaan adalah seseorang yang membeli barang dengan mengambil keuntungan dari harga jual selanjutnya.

Penrose (1963)

Pengertian entrepreneur adalah seorang pengusaha yang mamu mengindentfikasi peluang dalam meningkatkan perekonomiannya.

Soeharto Prawiro

Entrepreneur atau kewirausahaan adalah segala sesuatu yang dilakukan seseorang untuk diperlukan memulai mandiri dengan pengembangan bisnis.

Peter F Drucker (1959)

Definisi kewirausahaan atau entrepreneur adalah kemampuan yang dilakukan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, dari yang lainnya.

Tomas W Zimmerer (1996)

Menurutnya, Entrepreneur adalah proses yang dilakukan seseorang dalam upaya menenerpkan kreativitas dan keinovasian sehingga mampu menemukan peluang untuk memperbaiki segala sisi kehidupannya usaha.

Dari 11 pengertian entrepreneur menurut para ahli diatas dapat dilakatakan jika pengertian ini menunjuk pada salah satu ekonomi pengagas teori pertumbuhan ekonomi mengatakan bahwa ”Dunia usaha yang dibangun entrepreneur akan mendorong perkembangan sektor- sektor produktif. Semakin banyak suatu Negara memiliki seorang entrepreneur, maka pertumbuhan ekonomi negara tersebut akan semakin tinggi” (Schumpetet, 1934).

Oleh karena itulah entrepreneurship memiliki peran vital dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Munculnya unit-unit usaha kecil hingga usaha besar diawali melalui jiwa kewirausahaan masyarakat. Pembangunan usaha melalui kegiatan produktif secara perlahan merangsang pertumbuhan output dan memperluas transaksi barang dan jasa dalam suatu wilayah.

Dengan kata lain, entrepreneurship merupakan motor penggerak roda perekonomian. Untuk menjadi negara dengan enterpreneur yang ideal, setidaknya diperlukan 2% dari total jumlah penduduk suatu negara. Namun saat ini jumlah enterpreneur di Indonesia baru mencapai 1,56% dari total penduduk (BPS, 2012). Untuk meningkatkan jumlah enterpreneurship perlu diadakan program kegiatan yang dapat menciptakan entrepreneur baru dengan melihat potensi-potensi yang sering teracuhkan di beberapa lokasi di Indonesia

Demikianlah tulisan mengenai pengertian entrepreneur atau kewirasuahaan atau entrepreneurship menurut para ahli, yang sekaligus diberikan penjelasan mengenai pentingnya entrepreneur di Indonesia dalam meningkatkan perekonomiannya. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya:

  1. 8 Jenis-Jenis Esai Beserta Penjelasannya Langkap
  2. Pengertian Esai, Ciri-Ciri, Bagian dan Contohnya Lengkap
  3. 11 Pengertian Esai Menurut Para Ahli Lengkap
  4. Pengertian Fiksi, Jenis dan Contonya Lengkap