3 Pengertian Udang dan Klarifikasinya Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Udang dan Klarifikasinya Menurut Para Ahli

pengertian udang

indonesiastudents.com– Udang (Penaeus sp) merupakan salah satu komoditas hasil perikanan  yang memiliki nilai ekonomis penting di Indonesia. Ekspor udang umumnya dilakukan di Indonesia dalam bentuk beku yang telah mengalami sortasi, sehingga sebagian besar berat udang yang terdiri dari bagian kepala, cangkang dan ekor udang dikelola kembali oleh masyarakat, khususunya para petani udang (patambak udang).

Baca: 5 Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Lengkap

Meskipun demikian tak jarang banyak diantara kita kurang begitu memahami tentang deskripsi udang, baik pengertian ataupun klarifikasinya. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan menjelasakan tentang pengertian Udang.

Pengertian Udang


Udang yang memiliki nama latin Penaeus sp adalah binatang yang hidup di berbagai perairan, khususnya binatang ini hidup di sungai, danau, dan laut. Udang bahkan dapat ditemukan semua jenis air, baik tawar, payau, dan asin dengan kedalam yang berfariasi.

Secara morfologi udang terdiri dari dua bagian, yakni bagian kepala yang menyatu dengan dada (cephalothorax) dan bagian badan (abdomen) yang terdapat ekor dibelakangnya.

Adapun untuk klarifikasi udang menurut para ahli adalah sebagai berikut;

Klarifikasi Udang Menurut Para Ahli


Purwaningsih (1995)

Menurutnya, klarifikasi udang berdasarkan pada bentuk tubuhnya, ada yang beruas-ruas dan da juga yang seluruh bagian tubuh udang tertutup kulit kitin yang tebal dan keras. Bagian kepala udang biasanya memiliki beratnya 36 sampai 49% dari total keseluruhan berat badan yang dimilki, baik daging 24-41% dan kulit 17-23%.

Permana (2007).

Menurut ahli pertanian khususnya budidaya perairan ini udang pada umumnya hidup di laut, akan tetapi ada beberapa jenis udang yang juga hidup di air tawar. Udang yang banyak diproduksi atau dihasilkan oleh masyarakat antara lain sebagai berikut;

  • Udang windu
  • Udang putih
  • Udang dogol

Dari berbagai jenis udang dapat diketahui jika udang air tawar di Indonesia memiliki nilai ekonomis yang tinggi , diantaranya adakah udang galah, udang kipas, dan udang karang atau dikenal dengan lobster. Sedangkan penjelasan ahli lainnya, yakni USDA (2003), kanduangn udang (Penaeus sp.) memiliki kadar air 78%, kadar abu 3,1%, lemak 1,3%, karbohidrat 0,4%, protein 16,72%, kalsium 161 mg, fosfor 292 mg, zat besi 2,2 mg dan natrium 418 mg.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian udang dan klarifikasinya menurut para ahli, semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Udang”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 6 Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli Lengkap
  2. Tanaman Kipahit dan Klarifikasinya Lengkap
  3. Pengertian Mastitis dan Penjelasannya Menurut Para Ahli
  4. 6 Pengertian Susu Menurut Para Ahli Lengkap