11 Pengertian Esai Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

11 Pengertian Esai Menurut Para Ahli Atau Definisi Esai Menurut Para Ahli Lengkap

indonesiastudents.com– Esai pada dasarnya sudah dikenal sejak lama, bahkan menurut catatan sejarah esai pertama kali dikenal pada tahun 1500-an yang pada saat itu dipelopori oleh seorang filsuf Perancis, yakni Montaigne. Montaigne menulis sebuah buku yang mencantumkan beberapa anekdot dan observasinya mengenai esai. Adapun untuk di Indonesia sendiri, esai pertamaklinya dipopulerkan oleh HB Jassin melalui berbagai tinjauan karya sastra Indonesia yang kemudian dibukukan dengan sebuah judul “Kesusastraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esai  pada tahun 1985). Hingga pada saat ini istilah esai begitu lekat di hati masyarakat.

Baca: Pengertian Esai Sastra dan Contohnya

Adapun sebagai pembahasan lebih lanjut mengenai esai, indonesiastudents.com pada kesempatan kali ini akan mencoba memberi pengertian esai menurut para ahli, alasan diberikan pengertian esai menurut para ahli karena dengan memahami serta mengerti arti esai menurut ahli ini, setidaknya akan memberikan gambaran mengenai ulasan esai secara lengkap.

Pengertian Esai Menurut Para Ahli


Ada banyak defenisi esai yang diutarakan oleh para ahli, adapun defenisi tersebut adalah sebagai berikut;

H.B Jassin, memberikan pengertian bahwa esai adalah uraian tulisan yang membicarakan bermacam ragam masalah, baik politik, sosial, hukum, pertanian dan lain sebaginya. Esai tidak tersusun secara teratur akan tetapi ada garis besar yang dapat dipetik dari bermacam tulisan yang diutarakan.

Umar Muktar, memberikan pengertian bahwa esai adalah karangan prosa yang mengupas secara sepintas akan tetapi akurat, padat, dan berisi mengenai berbagai masalah, seperti politik, kesusastraan, seni, dan budaya dari sudut pandang penulisnya.

Soetomo, memberikan pengertian esai sebagai karangan pendek mengenai suatu masalah yang yang perhatian publik untuk diselidiki dan dibahas.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mengaartikan esai sebagai karya tulis atau karangan ilmiah yang dalamnya memaparkan tentang masalah tertentu dari sudut pandang pribadi penulis dengan disertai data yang valid.

Apriliani, memberikan pemahaman bahwa esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dan lugas dari sudut pandang penulisnya.

Wikipedia, memberikan pemahaman bahwa esai ialah tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang masalah-masalah tertentu  yang coba ditelaah oleh penulisnya sendiri.

Kuncoro, Mudrajad, memberikan pengertian bahwa esai adalah komposisi prosa yang singkat dan padat. Di dalam esai mengekspresikan opini penulis tentang subyek tertentu yang disertai dengan data.

Jassin dalam Pujiono, memberikan pemahaman bahwa esai ialah suatu tulisan ilmiah yang membicarkan bermacam ragam masalah, yang tidak tersusun secara sistematis atau teratur.

Fajri dalam Pujiono, mengatakan bahwa esai adalah suatu tulisan yang menguraikan tentang masalah secara sepintas dari sudut pandang penulisnya sendiri.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M, mengutarakan bahwa esai ialah suatu karangan pendek tentang fakta yang kemudian dikupas menurut pandangan pribadi penulisnya.

Budiman, Arief dalam Djuharie, memberikan pemahaman bahwa esai ialah suatu karangan yang sedang panjangnya, biasanya esai dikemukakan seperti bentuk prosa, yang mempersoalkan masalah tertentu secara mudah dan sepintas.

Dari berbagai pengertian esai menurut para ahli di atas, dapat dikatakan jikalau esai dalah karya tulis yang sifatnya singkat karena hanya menggambarkan opini seseorang tentang objek masalah yang ingin dinilai melalui jalan pikiran penulisnya sendiri.


Demikianlah pembahasan mengenai 11 pengertian esai menurut para ahli, semoga defenisi esai para ahli ini dapat memberikan pemahaman sekaligus memberikan wawasan kepada siapapun yang sedang atau ingin menulis esai. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;