5 Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Diposting pada

5 Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Manusia sebagai mahluk yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk lainnya, sebagai makhluk sempurna yang ada di bumi maka kegiatannya sangat mempengaruh pada semua kehidupan makhluk lainnya. sesungguhnya mengalami periode kehidupan, di antaranya priode kehidupan manusia, antara lain periode balita, anak-anak, remaja, dan dewasa.

Semua manusia pasti akan melewati periode tersebut dan memiliki ciri khusus yang akan membedakan satu dengan periode lainnya. Apabila mengkaji tentang periode-periode tersebut, maka ada satu periode unik yang sangat menentukan perjalanan hidup manusia. tingkat produktifitas remaja pada aspek sumber daya manusia mulai diandalkan karena hal tersebut dapat meningkatkan kualitas remaja sendiri,  dan sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, akan mengemukakan pengertian masa remaja menurut para ahli, diantarnya;

Pengertian Remaja

Remaja adalah sebuah masa peralihan dari anak-anak  menuju dewasa rentan usia, tentu saja terdapat banyak perubahan terjadi pada remaja baik dalam keadaan biologis maupun psikologis, bahwa pengertian remaja dalam islam adalah ketiak seseorang sudah memasuki aqal baligh yaitu tentang penganjuran ibadah secara maksimal. Perubahan dari segi biologis dapat dilihat dari kondisi fisik diantaranya, suara membesar karena telah tumbuh jakun, dada membidang, kumis dan jenggot mulai tumbuh.

Sedangkan pengertian remaja menurut para ahli, diantranya;

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

berikut adalah pengertian remaja menurut para ahli yaitu;

  1. Pengertian Remaja dalam Psikologi

Pengertian remaja menurut psikologi adalah suatu bentuk masa perubahan yang memiliki dorongan motivasi yang kuat, rasa ingin tahu yang tinggi, dan remaja rentan terhadap stres. Seseorang yang sudah menginjak umur 12 hingga 18 tahun maka dapat dikategorikan sebagai remaja.

  1. Piaget (dalam Hurlock, 1991)

Menurutnya, secara psikologis remaja adalah suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa, suatu usia dimana anak tidak merasa bahwa dirinya berada di bawah tingkat orang yang lebih tua melainkan merasa sama, atau paling tidak sejajar.

  1. Papalia, Old dan Feldman (2008)

Menurutnya bahwa masa remaja adalah masa transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang mengandung perubahan besar baik secara fisik, kognitif maupun psikososial. Masa remaja dimulai dengan pubertas, yaitu proses yang mengarah kepada kematangan seksual atau fertilitas (kemampuan untuk bereproduksi).

  1. Periode Remaja menurut Mappiare

Menurutnya, priode remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. biasanya dapat dikategorikan remaja ketika meduduki sekolah menengah pertama dan sekolah menengah akhir, yang dalam masa-masa tersebut pemikirannya sudah terbuka dan luas.

  1. Ali dan Asrori (2006)

Rentang usia remaja menurut Ali dan Asrori ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian pertama pada usia 12 atau 13 tahun sampai dengan 17 tahun atau 18 tahun dinamakan dengan remaja awal, selanjutnya, untuk usia 17 tahun atau 18 sampai dengan 21 tahun/22 tahun dinamakan dengan tingkat remaja akhir

Kesimpulan

Dari 5 pengertian remaja dan masa remaja menurut para ahli diatas dapat dikatakan jika remaja adalah peralihan usia dari kanak-kanak menuju dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan-perubahan baik perubahan dalam fisik maupun dari dalam diri remaja sendiri tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 pengertian remaja menurut para ahli, semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Remaja” serta dapat dipahami oleh kelangan arti pentingnya seseoranga sudah menginjak usia remaja

Rate this post