8+Pengertian Etnosentrisme dan Dampaknya Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Etnosentrisme menjadi salah satu sitilah yang wajib diketahui bagi seseorang yang megambil disimpilin ilmu sosial. etnosentrisme merupakan salah satu bentuk sikap yang melakat dari mansisa sejak lahir. Oleh sebab itulah pembentukan etnosentrisme ini sama  dengan  pembentukan  sikap primordialisme.

Baca:

 

Bahkan diberbagai banyak kalangan setiap kali membahas tentang primordialisme tak lepas dengan etnosentrisme. Meskipun begitu, tak jarang diantara kita kurang memahami apa arti dari etnosentrisme?.
Berikut sebagai penejasalan lebih lanjut, indonesiastudents.com akan mengemukaan pengertian etnosentrisme.

Pengertian Etnosentrisme


Etnosentrisme adalah suatu bentuk kecenderungan yang dilakukan seseorang untuk memandang  norma dan nilai  kelompok budayanya sebagai  yang  terbaik. Sehingga segala norma dan nilai  digunakan sebagai standar  untuk  mengukur bertindak  terhadap  kebudayaan yang lain.

Adapun untuk memperjelas definisi etnosentrisme, penting bagi kita untuk memahami arti etnosentrisme menurut para ahli.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli


Para tokoh, khususnya yang mendalami tentang “etnosentrisme” memberikan pengertian sebagai berikut;

Sumner  (dalam  Lubis,  1999)

Memberikan arti etnosentrisme sebagai kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya untuk mementingkan diri sendiri, lebih unggul dari orang lain, dan menjadi seorang individualistik. Hal tersebut tentu saja akan menghasilkan hubungan yang bersifat antagonistik (pertentangan) dengan kebudayaan lain, akibat sikap yang berlebihan tanpa adanya pengontrolan.

Hariyono (1993)

Memberikan makna etnosentrisme  sebagai suatu perasaan in group dan out group dalam suatu dasar sikap yang dilakukan oleh seseorang.

Harris  (1985)

Menurunya pengertian etnosentrisme adalah kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain sehingga hal tersebut mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawusaran, dan lain sebaginya.

Coleman  dan  Cressey  (1984)

Menurutnya, arti etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung   melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lainnya.

Zastrow  (dalam  Lubis,  1999)

Mengatakan  bahwa etnosentrisme adalah suatu setiap yang dilakukan oleh kelompok etnis secar tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok lainnya.

Levine  dan  Campbell  (dalam  Scott,  1998)

Mengartikan, bahwa etnosentrisme adalah pandangan kelompok tertentu dimana yang berasal dari satu budaya untuk menilai budaya lain yang memiliki nilai berlawanan atau berbeda dengan kebudayaanya.

Taylor,   Peplau   dan   Sears   (2000)

Menurutnya,  etnosentrisme dalah suatu hal yang mengacu pada kepercayaan kelompok masyarakat bahwa kebudayaannya selalu lebih baik atau superior dari pada kebudayaan yang lain.

Hogg  (2003)

Menurutnya, bahwa  etnosentrisme adalah kegiatan yang melibatkan  atribusi   internal dan juga eksternal dalam kehidupan masyarakat.

Dari pengertian 8 pengertian etnosentrisme menurut para ahli di atas dapat dikatakan jikalau etnosentrisme ini ialah sikap ketertutupan kelompok dalam masyarakat yang cenderung memilih menilai keloknya sebagai kelompok terbaik, dan menilai kelompok lain (kelompok yang berlawanan) sebagai kelompok yang tidak baik
Meksipun begitu, etnosentrisme ini sebenarnya memiliki dampak postif, dan dampak negatif dampak postif etnosentrisme antara lain sebagai berikut;

Dampak Positif Etnosentrisme

  • Etnosentrisme  dapat menjaga keutuhan budaya.
  • Sikap etnosentrisme dapat menjaga persaudaraa
  • Etnosentrisme  berakibat pada tinggi semangat patriotisme akibat kesetiaan kepada bangsa terhadap kebudayaan yang sama.
  • Etnosentrisme dapat mempererat rasa tolong menolong dan gotong royong, sehingga akan timbul sama rasa dan sama rata.

Dampak Negatif Etnosentrisme


  • Etnosentrisme yang berlebihan akan memicu pertentangan (konflik) dalam masyarakat

  • Sikap etnosentrisme yang keras dan tertutup akan mengganggu kemajuan dan perkembangan suatu bangsa dan negara
  • Etnosentrisme akan membuat seseorang kurang mandiri karena tergantung dengan kolompok anggotanya

Demikianlah seputar ulasan mengenai “Etnosentrisme” yang dibagahas dalam pengertian etnosentrisme dan dampak postif dan negatifnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar disimpilin ilmu sosial, baik sosiologi, antropologi, hukum, dan lainnya. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;