6 Langkah Menyusun Naskah Pidato yang Baik dan Benar

Diposting pada

Langkah Menyusun Naskah Pidato

Sehebat apapun orang yang berpidato atau sesering apapun seseorang berpidato pada hakikatnya kata “Naskah Pidato” tak bisa terlupakan, alasannya karena naskah pidato ini menjadi ketentuan agar pidato yang disampaikan kepada khalayak umum lebih mudah dicerna, dipahami, dan dapat dengan mudah dimengerti oleh orang lain.

Terlebih lagi bagi seseorang yang ingin berpidato dengan metode pidato naskah dan memoriter, maka membuat naskah pidato ini tak bisa dihilang dan menjadi kewajiban. Sebagai upaya membatu kepada pembaca pada kesempatan kali ini akan  membagikan 6 cara dalam menyusun naskah pidato yang baik dan benar.

Menyusun Naskah Pidato

Penjelasan terkait dengan 6 langkah dalam menyusun naskah pidato yang sistematis akan dibaaikan adalah;

  1. Menentukan Topik

Langkah pertama membuat naskah pidato yang menarik adalah menentukan topik, dalam menentukanlah topik ini sangat membantu sang orator untuk menguasai materi, mencari materi pendukung, menambah ilustrasi, dan menyertakan bukti-bukti sebagai penguat alasan.

  1. Menentukan Tema

Selanjutnya, sopik yang dibuat sebaiknya dipersempit sehingga tema pembicaraan tidak meluas. Hal itu nantinya akan memberikan efek lebih rinci dan bahasan yang sangat mendalam. Apalagi jikalau dalam agenda formal dalam perayaan tertentu. Membuat naskah haruslah disesuaikan dengan tema acaranya.

  1. Menetapkan Tujuan

Seperti sudah diketahui tentang tujuan pidato di atas, tentukanlah tujuan pidato. Apakah bertujuan informatif, persuasif, atau rekreatif. Dalam hal ini maka untuk proses menetapkan topik dan tujuan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan orator dan mempunyai manfaat bagi audiens.

  1. Mengumpulkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan untuk membuat naskah pidato bisa didapatkan berdasarkan pengalaman pribadi, hasil observasi, penelitian, referensi dari buku, artikel di surat kabar, majalah, tabloid, internet, dan sebagainya.

Menyusun kerangka pidato pada dasarnya terdiri terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Ketiga hal tersebut tak boleh ditinggalkan dalam menuyusun dan menuliskan tentang naskah pidato yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Menyusun Naskah Pidato

Dalam tahapan ini buatlah naskah pidato sedalam mungkin berdasarkan referensi yang telah dikumpulkan sebelumnya. Maka setidaknya tulislah pembahasannya secara sistematis atau runtun penjelasannya sehingga pendengar agar mudah untuk memahaminya.

  1. Menyunting Naskah Pidato

Naskah pidato yang sudah selesai dibuat oleh seseorang agar baik maha harus disunting. Disunting dilakukan untuk membenarkan kalimat, jikalau  terdapat bahasa yang kalimatnya berkonotasi buruk atau kasar dapat dibuang, kalimat yang tidak cocok atau kurang komunikatif dapat diperbaiki.

Menyunting ini sangatlah penting untuk dilakukan. Maka jangan ditinggalkan jikalau ingin membuat naskah pidato. Agar lebih jelasanya bisa juga dengan menyimak video di bawah ini.

Demikialah ulasan terlengkap yang bisa dibagikan mengenenai cara menulis naskah pidato dengan mudah, cara ini sudah banyak yang menjalankan. Baik untuk kalangan professional atapun kalangan pemula, semoga dapat bermanfaat.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.