4 Pengertian festival Menurut Para Ahli, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Posted on

4 Pengertian festival Menurut Para Ahli, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Pengertian festival Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Festival menjadi salah satu istilah yang cukup sering kita dengar. Istilah ini pada dasarnya berasal dari Bahasa Latin, yakni festa yang kemudian dikenal dalam Bahasa Indonesia sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperangati agenda-agenda tertentu.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian festival dari beberapa tokoh atau ahli, diantarnya;

Baca: 13 Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Festival Menurut Para Ahli


W.J.S Purwadarminta

Menurutnya, festival adalah pekan atau hari gembira dalam rangka peringatan suatu peristiwa penting dan bersejarah, sehingga arti ini menunjukan bahwa festival adalah pesta rakyat.

Wikipedia

Festival adalah suatu pesta besar yang dilakukan acara meriah dalam rangka memperingati sesuatu kejaidian yang bersejarah.

Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia (KBBI)

Festival  adalah suku kata yang bermakna pesta, arti ini memberikan pemahaman bahwa festival ialah perayaan  besar  yang  di  lakukan untuk  memperingati sesuatu kejadian yang bersejarah.

Ferdinand (2016)

Arti festival ialah kemeriahan yang dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memperingati kejaian bersejarah, Kejadian ini perayaan 17 agustus dan lain sebagainya.

Dari 4 pengertian festival menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa festival adalah pesta rakya yang dilakukan dalam rangka mengenang kejadian-kejadian yang memiliki nilai sejarah. Selain itu perlu juga diketahui bahwa pada dasarnya ada berbagai macam atau jenis festival, diantarnya sebagai berikut;

Jenis-Jenis Festival


  1. Fetival Film, festival ini diselenggarakan dengan menayangkan berbagai adegan-adegan penting yang memiliki nilai-nilai sejarah atau nilai penting lainnya.

  2. Festival Musik, festival ini seringkali diselenggarakan oleh masyarakat melalui tampilan band-band nasional atau bend indie di daerah-daerah tertentu.
  3. Fetival Seni, festival ini mislanya diselenggarakan dalam rangka memperingati momentum kesenian daerah dengan adanya festival ini masyarkat juga didorong untuk ikut serta memajukan aneka ragam kesenaian di Indonesia
  4. Fetisval Budaya, budaya juga menjadi bagian dari jenis festival. Apalagi di Indonesia, festival ini seringkali ditemukan sebagi contoh untuk festival budaya sebagai berikut;

Contoh Festival Budaya Cap Go Meh di Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat

Contoh festival ini misalnya adalah perayaan Cap Go Meh di setiap hari ke-15 pertama  pada Bulan Imlek yang disambut meriah oleh masyarakat berdarah Tionghoa terutama di Kota Singkawang. Tujuan utama diadakan perayaan Cap Go Meh sendiri sebagai penutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek, dimana pertunjukan dimeriahkan dengan atraksi barongsai, ular naga, choi lam shin atau keranjang jelangkung dan atraksi tatung yang sudah dirasuki roh-roh nenek moyang.

Biasanya mereka akan beratraksi dengan menusukkan benda tajam dan menembus ke kedua pipi mereka tanpa merasa sakit sedikitpun.

Demikianlah pembahasan mengenai 4 pengertian festival menurut para ahli, jenis, dan contohnya lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi tentang arti/definisi/pengertian “Festival”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;