14 Pengertian Musik Menurut Para Ahli [Lengkap]

Diposting pada

14 Pengertian Musik Menurut Para Ahli [Lengkap]

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Indonesia secara garus berar memang sudah terkenal sebagai Negara dengan seni dan kreativitas yang beragam. Tidak dipungkiri pula bahwa salah satunya ialah seni musik yang sampai saat menjadi sebuah kreativitas yang paling digemari oleh masyarakat. Mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Dengan aneka kemajuan zaman yang semakin modern, masyarakat dituntut berkembang khususnya bidang seni musik. Semula hanya bermodal satu alat musik, sekarang telah banyak berkembang seperangkat alat musik lengkap dengan kecanggihan baru yang lebih baik.

Baca: 4 Pengertian Film Menurut Para Ahli, Jenis, dan Manfaatnya

Sebagai uraian lebih lanjut, dalam artikel ini indonesiastudents.com akan menjelaskan tentang pengertian seni music menurut para ahli;

Pengertian Seni Musik


Seni musik adalah suatu seni yang memaikan kreatifitas dengan menggunakan medium suara, vokal, dan juga kesunyian sehiangga dala perkembangan dunia music pun sudah tidak kalah dengan perkembangan teknologi. Banyak masyarakat luas yang berlomba-lomba membuat alat musik buatan mereka sendiri. Mulai dari aplikasi alat musik di smartphone dan lain sebagainya

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli


  1. Adjie Esa Poetra, Menurutnya, pengertian musik adalah suatu bentuk kesenian yang bermuara pada bunyi.

  2. Suhastjarja, Definisi musik ialah segala bentuk ungkapan mengenai rasa indah setiap insane (manusia) yang ditungkan dalam pemikiran, nada, dan bunyi sehingga mengandung berbagai ritme dan harmoni oleh pendengarnya.
  3. Rina, Musik menurutnya, adalah suatu bentuk cabang kesenian yang diungkapkan dengan bunyi ataupun suara.
  4. Sylado, Musik menurutnya, adalah segala sesuai yang yang hidup karena adanya alunan suara dan ilusi.
  5. Merriam, arti musik adalah adalah gambaran mengenai suara hati yang berasal dari segala dari hal yang berkaitan tingkah lakuknya.
  6. Soeharto, definisi musik alunan bunyi yang di dalamnya mengendung unsur dasar berupa irama, melodi, dan harmoni.
  7. Ade Prianto Nugroho, musik secara umum ialah suatu seni yang mampu melukiskan kehidupan manusia, baik secara keindahan yang kemudian berusaha untuk disajikan dalam suara.
  8. Jamalus, musik adalah suatu jenis karya seni berupa bunyi yang biasanya diungkapkan dengan lagu atau suara.
  9. Sunarto, menurutnya musik ialah penghayatan manusia yang berusaha untuk diungkapkan dalam bunyi
  10. Lexicographer, musik berarti kombinasi antara nada, vokal, dan instrumental
  11. Reed dan Sidnell, musik di definisikan sebagia suara yang mangandung lantunan lagu sehingga di dalamnya terkandung berbagai jenis unsur.
  12. David Ewen, seni musik ialah suatu bentuk pengetahuan dan juga seni yang diungkapkan dengan jenis suara.
  13. Wikipedia memberi arti musik sebagai suatu bentuk mengenai fenomena intuisi yang menghasilakan macam-amacam alat musik.
  14. Dalam KBBI, musik ialah suara yang diungkapakn secara sistematis dengan mennggunakan lagu dan irama yang dihasilakan dari alat musi.

Dari 14 pengertian musik menurut para ahli diatas, dapatlah disimpulkan bahwa musik adalah seni suara yang di dalamnya mengendung, melodi atau lagi yang diiringi dengan alat tradisional dan modern. Adapun jenis alat tradisional dalam bermusik misalnya adalah gendang, tabuhan beduk, dan lainnya. Sedangkan untuk jenis music modern misalnya saja adalah gitar, sruling, dram, dan lainnya.

Dengan adanya seni musik tentunya dapat menimbulkan dampak positif terhadap beberapa aspek yaitu:

Ekonomi

Melalui musik diharpkan para pecinta music alan membuka terobosan baru dalam perkembangan yang modern.

 Sosial

Dengan adanua seni musick secara sosial mampu mnciptakan generasi penerus yang peduli akan perkembangan teknologi dalam hal ini perkembangan laser yang dapat dibuat menjadi suatu alat musik.

Budaya

Kegiatan memperkenakan seni music secarabudaya tentu dapat memberikan pemahaman dan penerapan secara langsung, bahwa budaya untuk terus mengembangan budaya seni.

Demikianlah pembahasan mengenai 14 Pengertian Musik Menurut Para Ahli [Lengkap]. Semoga bermanfaat, trimakasih atas kunjungannya, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 8 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Contoh, dan Cirinya
  2. Pengertian Karnaval dan Contohnya
  3. 4 Pengertian festival Menurut Para Ahli, Jenis, dan Contohnya
  4. 4+ Pengertian Seni Ukir dan Contohnya