4 Pengertian Film Menurut Para Ahli, Jenis, dan Manfaatnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Film Menurut Para Ahli, Jenis, dan Manfaatnya Lengkap

Film menjadi fenomena yang sangat sering kita dengar ataupun kita saksiakan. Bahkan di Negara Yunani yang dikenal akan mitologi Yunani Kunonya melalui buku, lukisan, hingga sejarah dewa-dewa yang difilmkan. Begitupula dengan Negara Korea dengan serial dramanya yang merepresentatifkan kehidupan masyarakatnya, promosi budaya hingga sejarah kerajaan-kerajaan yang berdiri di Negeri Ginseng tersebut. Film China yang sarat akan history dinastinya, hingga Jepang yang tak luput menyelipkan norma-norma kehidupan masyarakat dan budaya turun temurun dalam serial tv mereka. Sudah tak dapat dipungkiri film animasi dan manga dari negara Sakura tersebut menghiasi industri perfilman animasi di dunia selama bertahun-tahun lamanya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan mengurikan tentang pengertian film , jenis, dan maafatnya bagi kehidupan manusia.

Pengertian Film


Pengertian film adalah media audio-visual yang mampu menarik minat masyarakat dunia untuk tidak hanya sekedar menikmati hiburan, menyentuh emosional, dan membuat peka akan tetapi film akan mampu memperagakan kekayaan budaya. Oleh karenanya tidaklah salah jikalau banyak para pakar memberikan arti bahwa film ialah media terbaik yang digunakan oleh berbagai Negara maju. Selengkapnya, baca; Pengertian Negara Maju Menurut Para Ahli dan Cirinya

Film identik dengan televisi. Pengertian televisi ini tak lepas dari tayangan media komunikasi masyarakat, yang memberikan berbagai iformasi disertai dengan gambar dan suara. Televisi dan film menjadi satu kesatuan yang sulit terpisahkan.

Pengertian Film Menurut Para Ahli

Sedangkan untuk pengertian film menurut para ahli antara lain sebagai berikut;

Effendi (1986)

Pengertian film adalah satu hasil budaya dan alat ekspresi kesenian. Film disini dianggap sebagai komunikasi massa yang menjadi gabungan dari berbagai tekhnologi seperti fotografi dan rekaman suara, kesenian  baik seni rupa dan seni teater sastra dan arsitektur serta seni musik. Film merupakan gambar yang bergerak (Moving Picture).

Himawan Pratista (2008)

Menurutnya, definisi film adalah media aoudio-visual yang menggambungkan kedua unsur, yaitu naratif dan sinematik. Unsur naratif sendiri berhubungan dengan tema sedangkan unsur sinematik ajalan alur atau jalan ceritanya.

Michael Rabiger (2009)

Film adalah media berbentuk video yang dimulai atau dihasilkan dalam ide nyata, kemudian didalamnya harus mendung unsur hiburan dan makna. Unsur hiburan dan makna ini letak dengan kondisi pembuatan film yang terkadang bisa dalam bentuk komedi bisa juga dalam bentuk sejarah.

Palapah dan Syamsudin (1986)

Pengertian film adalah media hiburan yang menggabungkan antara jalan cerita, gambar berbegarak, dan suara. Ketiga unsur ini terdapat dalam unsur-unsur setiap pembuatan film, oleh karenanya seringkali film dipergunakan sebagai salah satu unsur media pembelajara. Selengkapnya, baca; Fungsi Media Pembelajaran Menurut Ahli

Dari 4 pengertian film menurut para ahli tersebut dapatlah dikatakan bahwa film adalah media hiburan masyarakat yang diperolah dari penggabungan antara video, suara, dan gambar. Sedangkan untuk jenis film menurut Effendy (2003) terbagi menjadi dua kelompok, yaitu film cerita, film dokumenter, dan film kartun. Penjelasannya sebagai berikut;

Jenis-Jenis Film

Jenis film setidaknya di badi dalam 3 macam, antara lain;

Film Cerita

Film cerota atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan story film ialah jenis film yang dinilai mengandung suatu cerita yang lazim untuk dipertunjukkan di bioskop dengan menggunakan atau memerankan bintang film tenar dan juga didistribusikan sebagai barang dagangan (berobjek pada keuntungan).

Adapun cerita yang diangkat dalam jenis film ini bisa berupa cerita fiksi atau berdasarkan kisah nyata yang kemudian di modifikasi, sehingga ada unsur menarik, baik dari jalan ceritanya maupun dari segi penonton (pemirsa) yang menyaksiakan film ini.

Fim Dokumenter

Pengertian jenis film dokumenter adalah adalah film yang mengisahkan tentang suatu perjalanan yang lengkap, dari awal hingga ahirnya. Dimana dama film dokumenterini tidak ditemukan cerita khayalan atau rekaan. Jenis film ini memiliki identitas dengan alur waktu yang sangat panjang.

Film Kartun

Film kartun adalah jenis film yang ini diperankan oleh gambar animasi, misanya saja seperti Doremon, Naruto, Shinchan, dan lain sebaginya. Film kartun ini bukan diperankan oleh manusia, akan tetapi dengan mamanfaatkan media teknologi seperti komputer, dan desain grafis.

Manfaat Film

Adapun kegunaan atau manfaat yang dapat diperoleh dari media film ini, diantara lain sebagai berikut;

Informatif, Edukatif, bahkan Persuasif

Suatu film berbasis cerita rakyat akan memuat unsur informatif, edukatif bahkan persuasif jika digarap seoptimal mungkin dengan kerjasama berbagai pihak. Informatif berarti akan diperoleh berbagai macam informasi bermakna akan suatu hal.

Informasi ini akan memperkuat pengetahuan masyarakat mengenai kondisi lingkungan, kekayaan alam dan budaya Indonesia maupun lebih mengenal negara mereka sendiri. Edukatif, berarti mangandung makna pembelajaran, baik pembelajaran dalam peningkatan kualitas hidup, pembangunan karakter diri (self-character building) hingga dalam menjalani kehidupan sosial dengan masyarakat.

Dan yang terakhir persuasif yang bermakna ajakan bagi masyarakat yang menonton film agar menyadari begitu penting dalam menjaga kekayaan alam dan budaya negara sendiri. Film persuasif ini banyak dipergunakan oleh pemerintah atau lembaga pemerintah dalam mengajak para penonton untuk mengikuti apa yang dilakukan dalam adegan tersebut.

Media Ekpresi dan Pengembangan Seni

Disini lah keahlian seni dan artistik manusia diolah dan dieksplor sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya-karya yang mengandung makna dan berkualitas tinggi. Dalam pembuatan film, penemuan kreatifitas, pengembangan ide cerita tanpa menggeser esensi / makna kehidupan yang terkandung dalam film.

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

Animo para penggiat seni atau yang lebih dikenal dengan sebutan seniman maupun sineas akan lebih termotivasi dalam berdedikasi untuk penciptaan karya berbasis cerita rakyat. Selain itu, akan tercipta pemberdayaan terhadap sumber daya manusia yang terlibat dalam pembuatan karya film ini.

Peningkatan Kualitas Industri Perfilman

Industri perfilman merupakan salah satu industri kreatif yang bernilai jual tinggi di era modern ini. Pengoptimalan produksi, distribusi, maupun kualitas film nasional yang tinggi dapat menunjang devisa suatu negara. Devisa ini tak lain untuk menimgkatkan kesejahteraan masyarakat secara bersama-sama.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian festival Menurut Para Ahli, Jenis, dan Contohnya
  2. Pengertian Fiksi, Jenis dan Contonya
  3. Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli, Ciri, Dan Manfaatnya

Demikianlah pembahasan mengenai 4 pengertian film menurut para ahli, jenis, dan manfaatnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai materi tentang “Film”. Trimakasih,