13 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Metodologi sangat penting untuk dipahami bagi seseorang yang ingin atau akan menulis karya tulis ilmiah. Baik berupa skripsi, tesis, desertasi, makalah, esai, laporan penelitian, atau yang lainnya. Sebab metodologi ini adalah bagian daripada isi karya tulis.

Hingga dapat dipastikan, bagi siapapun yang ingin menulis karya tulis terlebih dahulu mengerti tentang arti metodologi.

Metodologi Penelitian

Istilah penggunaan metodologi penelitian berasal dari kata metode, logos, dan research. Metode dalam hal ini dapat diartikan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tertentu, logos dapat diartikan ilmu pengetahuan. Dan research (kata penelitian dalam Bahasa Inggris) berarti mencari kembali permasalahan untuk dituntaskan dengan baik.

Oleh karena itulah, metode penelitian jika digabungkan dari ketiga unsur kata yang telah disebutkan memiliki makna sebagai strategi pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, mulai dari mencari data, mencatat, menganalisa, sampai menyusun laporan.

Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi metodologi penelitian menurut para ahli, antara lain;

  1. David H Penny

Metode penelitian sebagai pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya, sehingga dalam upaya tersebut memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta yang di dapat dari sebuah penelitian.

  1. Suprapto

Metode penelitian menurut ahli ini adalah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan dengan mengedepankan fakta-fakta atau prinsip-prisip. Prinisip tersebut antara lain adalah sabar, hati-hati, serta sistematis.

  1. Sutrisno Hadi

Menberikan pengertian meode penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembaggkan, dan menguji kebenaran dari suatu ilmu pengetahuan.

  1. Mohammad Ali

Memberikan arti metodologi penelitian sebagai cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan yang muncul sehubungan dengan masalah yang ingin diteliti, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahan yang kontibel.

  1. Polit dan Hungler

Memberikan pengertian bahwa metodologi penelitian adalah upaya penelitian yang berkaitan dengan cara pemerolehan data, penyusunan, dan analisis data tersebut.

  1. Bakker

Memberikan arti metodologi pengertian sebagai cara yang dipergunakan penelitia untuk mengatur prosedur penelitian ilmiah sekaligus pelaksanaannya terhadap masing-masing bidang keilmuan secara khusus.

  1. Tuchman

Memberikan pemahaman bahwa metodologi pengertian adalah prosedur ilmiah yang di dalamnya terdiri dari pembentukan konsep, preposisi, model, hipotesis, dan teori.

  1. Senn

Memberikan pengertian, bahwa metodologi penelitian dalah analisis untuk memahami aturan, prosedur, dan metode.

  1. Burns dan Grove

Mengartikan bahwa metodologi penelitian adalah desain penelitian yang terdiri atas, setting, tata cara, sampel, pembatasan, dan kumpulan data yang hendak di analisis.

  1. Gie

Mengartikan bahwa metodologi penelitian adalah serangkaian upaya memunculkan kerangka konseptual maupun operasional.

  1. Mouton

Memberikan arti, bahwa metodologi penelitian adalah tata acara untuk melakukan sesuatu penelitian yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

  1. Drs. Agus M. Hardjana

Mengrtikan bahwa metode peneltian adalah cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan peneliti dengan mengikuti langkah-langkah tertentu demi tercapainya sebuah tujuan penelitian.

  1. Titus

Mengartikan bahwa metode penelitian adalah serangkaian cara atau langkah-langkah yang tertib untuk menegaskan suatu bidang keilmuan atas sebuah permasalahan.

  1. Sugiyono

Memberikan arti, bahwa metode penelitian adalah cara-cara ilmiah untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan dan kegunaan dalam penelitian.

Dari berbagai ulasan tentang pengertian metode penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa metode penelitian takkan bisa lepas dari tiga unsur pemahaman utamanya. Adapun tiga unsur tersebut adalah:

  1. Macam atau sifat penelitian
  2. Metode pengumpulan data yang mencakup sumber data, instrumen pengumpulan data; serta prosedur pengumpulan data
  3. Metode analisis data

Demikianlah untuk defenisi metodologi penelitian menurut para ahli yang pada umumnya memberikan banyak pemahaman kepada para pembaca semuanya. Perlu diingat bahwa pengertian metode penelitian ini sangatlah general, sehingga bisa menjelaskan pengertian metodologi penelitian dari berbagai disiplin ilmu, baik ilmu statistika, biologi, sosiologi, hukum, atau lainnya sebagainya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *