4 Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

pengertian game edukasi

indonesiastudents.com– Istilah game edukasi pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris, yakni Game (Permainan) dan Edukasi (Pendidikan). Kolaborasi atas kedua kata ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada penggunanya untuk belajar secara efektif dan persuasif.

Game Edukasi biasanya dihasilakan dari serangkaian kreativitas yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan  data, informasi atau unsur-unsur yang ada. Hasil game edukasi yang diciptakan tidak selalu baru melainkan dapat berupa gabungan atau kombinasi.

Baca: 10 Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan pemahaman mengenai pengertian game edukasi menurut para ahli.

Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli


Ada beberapa ahli yang mencoba memberikan arti game edukasi, diantaranya adalah;

Handriyantini (2009)

Game Edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan dalam  memberikan pengajaran yang berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik. Pengertian ini tentusaja mengidentifikasikan bahwa aame edukasi bertujuan untuk menunjang proses belajar mengajar dengan kegiatan yang menyenangkan dan lebih kreatif.

Marc Prensky (2012)

Definisi game edukasi adalah suatu bentuk permainan (game) yang  didesain atau dibuat untuk  tujuan belajar, akan tetetap dalam game edukasi biasanya menawarkan bermain untuk bersenang-senang.

Novia Desta (2016)

Arti game edukasi adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharpakan bisa menambah wawasan pengetahuan.

Alya (2016)

Game edukasi adalah permaianan yang tujuan utamanya untuk mengejarakan, belajar, dan juga menghibur.

Dari 4 pengertian game edukasi menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika game edukasi ini termasuk dalam salah media pembelajaran, dimana dalam media ini terdapat  teknik dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan agar proses interaksi komunikasi edukasi berlangsung secara tepat atau dikatakan efektif dan efisien sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Penjelasan lebih lanjut, agar mampu melengkapi pengertian game edukasi berikut akan diberikan contoh game edukasi dalam ilmu kimia.

Contoh Game Edukasi dalam Kimia


Game edukasi dalam kimia, misalnya saja penggunakaan kimia sintetis dan kima alam. Kimia sintetis dan kimia alam merupakan penggolongan bahan kimia berdasarkan asalnya. Kimia alam adalah bahan kimia yang terdapat di alam serta sifatnya sama dengan aslinya atau tidak mengalami perubahan seperti air, udara.

Biasanya pemakaian kimia alam ini tidak menimbulkan dampak negatif bagi manusia dan lingkungan sekitar. Sedangkan kimia sintetis adalah bahan kimia yang dibuat di pabrik atau tidak tersedia langsung di alam serta sifatnya yang mengalami perubahan dari aslinya seperti sabun, pemutih, pewarna, plastik.

Penggunaan kimia sintetis ini jika berlebihan  dapat menimbulkan dampak negatif bagi manusia terutama bagi kesehatan, selain itu juga dapat mencemari lingkungan. Sehingga melalui mekanisme tersebut dalam dibuat suatu game edukasi yang menarik.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian game edukasi dan contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi “Game Edukasi dan Contohnya”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. 5 Cara Mengerjakan Soal SBMPTN Terlengkap
  2. Perjuangan SBMPTN Kedokteran dari Mahasiswa Bidikmisi
  3. 11 Tips Lulus SBMPTN Kedokteran, No 8 Penting
  4. 7 Kebutuhan Peserta Didik di Sekolah Lengkap
Rate this post