10 Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Metode Inkuiri– Banyak sekali jenis metode pendidikan yang dikenal dalam pembelajaran. Salah satunya adalah metode penemuan atau inquiry. Metode inkuiri ini merupakan segmen penting yang melakukan pembelajaran dengan pendekatan konstruktifistik sebagai bentuk inovasi ataupun pembaruan yang diterapkan dalam dunia pendidikan.

Metode inkuiri atau penemuan selalu mendorong peserta didik untuk belajar dan juga terlibat aktif terhadap konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dikemukakan seorang guru di dalam kelas. Metode ini utamanya memiliki ciri khas pengalaman dalam melakukan percobaan yang sehingga peserta didik menemukan sendiri tentang prinsip pengetahuan yang diunakan untuk diri mereka sendiri.

Adapun sebagai upaya penjelasan atas metode inkuiri, berikut akan indonesiastudents.com kemukakan pengertian metode inkuiri menurut para ahli yang berasal dari dalam dan luar negri.

Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli


Para ahli yang mencoba memberikan pengertian metode inkuiri ini umumnya berasal dari disiplin ilmu pendidikan. Sehingga dalam mendefeniskannya tidak serta merta sesuai dengan pemikiran, akan tetapi sesuai dengan pengalaman yang telah mereka jalankan.

(Poerwadarminto, 1976)
Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri ialah suatu cara untuk tenaga pendidik (guru) dalam menyampaikan pengetahuan sehingga dapat mendorong tercapai tujuan pembelajaran. Adapun cara menyempaikan pengetahuan dengan melaksanakan, menyelidiki, taktik, dan juga siasat.

Soedanyo (1990)
Memberikan pengertian bahawa metode Inkuiri adalah model pembelajaran dengan menanyakan, meminta keterangan, ataupun dengan menyelidiki dan penyelidikan.

Gulo (2002)
Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri (Inquiri) adalah model pembelajaran yang mengedepankan pertanyaan,pemeriksaan, dan juga penyelidikan.

Suchman (1996)
Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri adalah pola pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk membantu murid dalam belajar, melalui suatu rumuskan atau menguji pendapatnya sendiri sehingga hal tersebut akan membentuk kesadaran akan kemampuan yang peserta didik miliki.

Jones (1997)
Memberikan pengertian bahwa metode metode inkuiri adalah strategi atau pola mengajar yang mendorong peserta didik untuk dapat menemukan jawabannya sendiri

Widja (1985)
Menurunya metode inkuiri adalah metode pembejaran yang menekankan pengalaman dalam belajar sehingga peseta didik akan terdorong untuk menemukan konsep-konsep dan prinsip

Sumantri (1998)
Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri adalah suatu dcara penyajianalam  pelajaran melalui upaya dalam memberikan kesempatan peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau bahkan tanpa adanya bantuan guru.

Nasution (1992)
Menurutnya metode inkuiri adalah suatu proses belajar yang memberikan kesempatan pada murid untuk dapat menguji dan menafsirkan atas permasalahan secara sistematik beserta dengan  konklusi yang bisa dibuktikan

Sri Anitah  (2001)
Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri adalah bentuk perluasan metode discovery yang berarti proses mental dalam mendorong peserta didik untuk menjawab problema, merancang eksperimen, mengumpulkan data , melaksanakan eksperimen, memebuat kesimpulan serta  mampu untuk menganalisisinya.

Sund (dalam Trianto; 2009)
Memberika pengertian bahwa metode inkuiri adalah perluasan proses discovery, yang digunakan lebih mendalam, atau secara umum yang dapat dilakukan manusia untuk mencari dan memahami informasi yang didapatkan.

Berdasarkan 10 pengertian metode inkuiri menurut para ahli yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri adalah metode atau cara yang digunakan dalam proses pembelajaran antara guru dan murid yang mnedorong agar murid mempunyai kemampuan untuk bertanya, menyelidiki, dan memeriksa sesuatu materi pembelajaran. Sehingga hal ini akhirnya siswa siswa dapat merumusakan sendiri jawaban sesuai dengan tingkat pengetahuan yang dimilikinya.

Demikianlah ulasan atas pengertian metode inkuiri semoga dapat membantu para pembaca dalam mencari dan membuka wawasan terhadap metode pembelajaran. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *