4 Pengertian Gelatin Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Diposting pada
Pengertian Gelatin Menurut Para Ahli
Pengertian Gelatin Menurut Para Ahli

Istilah penyebutan gelatin pada hakekatnya berasal dari Bahasa Latin gelatos yang berarti pembekuaan. Pada perkembangannya penggunaan gelatin ini sendiri menjadi suatu bentuk campuran antara peptida dan protein yang dihasilkan dari proses hidrolisis kolagen yang umumnya di dapatkan dari hasil alami pada tulang dan juga kulit binatang.

Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjutnya, dalam artikel ini akan menguraikan pengertian gelatin menurut para ahli dan fungsinya yang ada.

Gelatin

Gelatin adalah bagian daripada protein yang diperoleh dari hidrolisis parsial kolagen dari kulit, jaringan ikat dan tulang hewan. Gelatin  merupakan polipeptida dengan bobot molekul antara 20.000 g/mol – 250.000 g/mol.

Dimana penggunaan nama gelatin menyerap air 5 sampai dengan 10 kali beratnya, larut dalam air panas dan jika didinginkan akan membentuk gel. Sifat yang dimiliki gelatin bergantung pada jenis asam amino penyusunnya, hal ini sebagimana dalam penjelasan suryani (2009).

Pengertian Gelatin Menurut Para Ahli

Adapun definisi gelatin menurut para ahli, antara lain;

  1. Saleh (2004)

Gelatin adalah salah satu hidrokoloid yang dapat digunakan sebagai gelling, bahan pengental (thickner) atau penstabil.

Setidaknya dalam pengertian ini tentusaja mengindikasikan bahwa gelatin berbeda dengan hidrokoloid lain, karena kebanyakan hidrokoloid adalah polisakarida seperti karagenan dan pektin, sedangkan gelatin merupakan protein mudah dicerna, mengandung semua asam- asam amino essensial kecuali triptofan.

  1. Hajrawati (2006)

Menurutnya, gelatin memiliki kemampuan reversible dari fase sol ke gel atau sebaliknya, mengembang dalam air, membentuk film, mempengaruhi viskositas suatu bahan dan melindungi sistem koloid

  1. Wikipedia

Dalam situs ini memberikan arti gelatin sebagi suatu bentuk zat kimia yang padat namun tembus akan cahaya, dan juga tak berwarna.

Fungsi Gelatin

Dalam sebuah arti penelitian yang dilakukan (Perut et al., 2011), mengemukakan bahwa tentang fungsi gelatin dalam penerapan injectable bone substitute diharapkan mampu mendukung pertumbuhan sel tulang baru dan penempelannya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian gelatin menurut para ahli dan fungsinya dalam keseharian. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Gelatin”. Trimakasih,

Rate this post