13 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli dan Objek Studinya Lengkap

Posted on

13 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli dan Objek Studinya Lengkap

pengertian geografi

indonesiastudents.com– Geografi menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh para siswa atau mahasiswa. Ilmu ini umumnya pecahan dari Ilmu Pengethuan Sosial (IPS) sejak seseorang mamasuki pendidikan di Jenjang SMA/MA/Sederajat.

Meskipun begitu dalam mengenai ilmu geografi yang harus dipahami pertamakali kali adalah konsep gografi, yang meliputi pengertian geografi itu sendiri. Oleh karenannya pada pembahasan kali ini indonesiastudents.com akan menguraikan pengertian geografi.

Baca: Pengertian DAS (Daerah Aliran Sungai), Macam dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Geografi Secara Umum


Geografi adalah ilmu pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (Gejala Geosfer) serta interaksi antara manusia dengan lingkungan dalam  konteks keruangan dan kewilayahan.

Sedangkan menurut para ahli, pengertian geografi adalah sebagai berikut;

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli


Hartshone

Geografi adalah ilmu yang berusaha menguraikan dan menginterpretasikan karakter variabel dari suatu dari suatu tempat dengan tempat lain di bumi sebagai tempat
kehidupan manusia

J.W. Alexander

Menurutnya, geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia

Bintarto

Ahli geografi dari Indonesia ini memberikan pengertian geografi sebagai ilmu pengetahuan tentang perkembangan rasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memprakirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi

Preston & James

Geografi dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang selalu dimulai dari keadaan permukaan bumi.

Immanuel Kant

Definisi geografi menurutnya adalah ilmu yang sumber utama pengetahunnya adalah gejala-gejala, benda  yang tersebar secara luas di bumi.

Yeates dan Hagget

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perkembangan nasional dan pengujian teori, sehingga ilmu ini secara langsung dapat menjelaskan segala bentuk karakteristik di permukaan bumi.

Claudius Ptolomaeus

Menurutnya, geografi adalah penyajian ilmu pengetahuan melalui sebuah peta yang menggabarkan secara luas tentang muka bumi.

Alexander Von Humboldt

Menurutnya, geografi adalah ilmu pengatetahuan yang mempelajari tentang pengaruh lingkungan alam terhadap perubahan dan tatkelakukan seorang manusia.

Erasthothenes

Geografi menurutnya, adalah ilmu pengetahuan yang berasal dari “Geographica” sehingga memiliki arti deserhana sebagai gambaran terhadap bumi.

Preston E James

Geografi mmenurut James adalah ilmu pengetahuan yang fokus dalam mempelajari keadaan bumi, sehingga mampu untuk dilanjutkan oleh ilmu lain pada pada studi masing-masing.

Elsworth Huntington

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena permukaan bumi, penduduk, serta hubungan timbal balik antara sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduk atau masyarakatnya.

Mustofa Bisri

Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mampu menjabarkan tentang bentuk permukaan bumi, iklim, cuaca, fauna, flora, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi..

UNESCO

Bandan PBB ini memberikan pengertian geografi sebagai imu pengetahuan yang berada diantara ilmu sosial dan ilmu alam.

Dari pengertian geografi menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika geografi adalah ilmu geosfer (permukaan bumi) baik dari segi litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer. Setelah memberikan pengertian tersebut perlu dipahami bahwasanya ada dua objek studi dalam ilmu geografi, yakni;

Objek Studi Geografi


Obyek Formal

Objek formal dalam geografi yaitu cara pandang, cara pikir & analisis keruangan yang menjadi titik berat dalam mengkaji segi material. Contohnya seperti, geografi – space, sejarah – time, ekonomi – cost, antropologi – culture

Obyek Material

Objek Material dalam geografiyaitu mempelajari fenomena yang terjadi di muka bumi (fenomena Geosfer) yang bersifat alami dan sosbud (pola pemukiman, persebaran penduduk) contohnya; alami = aliran sungai, curah hujan dan lain-lain.

Sedangkan untuk pendekatan dalam ilmu geografi menggunakan 3 pendekatan, diantaranya pendekatan keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan. Demikianlah pembahasan mengenai 13 pengertian geografi menurut para ahli dan objek studinya lengkap. Semoga bermnafaat bagi setiap pembaca yang sedang mendalami geografi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 2+ Pengertian Kongres dan Contohnya Menurut Ahli
  2. 4 Pengertian Pemuda Menurut Para Ahli Lengkap
  3. 3+Pengertian Tanah Longsor Menurut Para Ahli dan Faktor Penyebabnya
  4. 5 Pengertian Tsunami Menurut Para Ahli Lengkap