4 Pengertian Geosfer Menurut Para Ahli dan 2 Contoh Fenomenanya

Diposting pada
Pengertian Geosfer dan Contohnya
Pengertian Geosfer dan Contohnya

Diakui ataupun tidak, setiap manusia pada saat ini sangatlah bergantung pada geosfer. Dimana fenomenan geosfer menjadi komponen dari sistem bumi yang memiliki kekayaan mineral dalam bentuk logam, batu bara, dan minyak bumi.

Oleh karena itulah, bahasan terkait dengan apa itu geosfer dalam geografi dan contohnya di masyarakat sangatlah perlu untuk diketahui. Meskipun, harus pula menjadi kenyataan bahwa fenomena atau kejadian alam yang berhubungan dengan unsur-unsur geosfer bisa berkaitan dengan lapisan atmosfer, litosfer, biosfer, antroposfer, serta hidrosfer.

Pengertian Geosfer

Geosfer adalah objek material dari geografi yang secara istilahnya sendiri berasal dari kata geo dengan arti bumi dan sphere yang berarti lapisan. Sehingga bagian penjelasan terkait dengan geosfer adalah lapisan-lapisan yang ada di bumi, baik itu di bawah permukaan bumi dan diatas permukaan bumi yang berpengaruh bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain yang ada di bumi.

Pengertian Geosfer Menurut Para Ahli

Adapun definisi geosfer menurut para ahli diantaranya yaitu:

  1. Merriam Webster

Geosfer adalah salah satu cangkang atau lapisan bola di dalam bumi yang senantisa dibatasi di atas dan di bawah oleh diskontinuitas.

  1. Wikipedia

Geosfer adalah istilah yang dapat diambil sebagai nama kolektif untuk atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.

  1. Fisika Aristotelian

Istilah ini diterapkan pada empat tempat alami bola, terkonsentrasi di sekitar pusat Bumi, seperti yang dijelaskan dalam kuliah Fisika dan Meteorologi. Mereka dipercaya untuk menjelaskan gerakan dari empat elemen terestrial dalam bentuk permukaan bumi, Air, Udara dan Api.

  1. Teks Modern dan dalam sains sistem Bumi

Geosfer mengacu pada bagian bumi yang padat; ini digunakan bersama dengan atmosfer, hidrosfer, dan biosfer untuk menggambarkan sistem Bumi (interaksi sistem ini dengan magnetosfer kadang-kadang terdaftar).

Sehingga dalam konteks itukah, terkadang istilah litosfer digunakan sebagai pengganti geosfer atau lapisan bumi yang padat. Litosfer, bagaimanapun, hanya mengacu pada lapisan paling atas dari bumi yang padat (batuan kerak samudera dan benua dan mantel paling atas).

Contoh Geosfer

Adapun untuk contoh adanya fenomena yang menggambarkan geosfer di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Peradaban antar benua yang berbeda

Adanya contoh fenomena berkaitan dengan geosfer, misalnya saja terkait dengan peradaban awal di Asia, Afrika, dan Amerika Utara dan Selatan tumbuh di mana kondisinya bagus untuk menanam tanaman, namun di berbagai daerah dengan bentuk tanaman yang berbeda.

  1. Bencana Alam

Bencana alam paling mahal yang diketahui manusia adalah gempa bumi dan gunung berapi, keduanya terjadi di sepanjang tepi lempeng. Kajian terkait adanya bencana alam yang ada di berbagai belahan planet bumi menjadi bagian daripada fenomena kajian geosfer.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa untuk memetakan dan mengelola sumber daya alam, dan merencanakan upaya mitigasi bencana alam, manusia harus memahami geosfer. Untuk memahami variasi alami dalam iklim global, dan bagaimana manusia dapat memengaruhi iklim, penting bagi kita untuk memahami bagaimana bola berinteraksi, dan peran yang dimainkan geosfer.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian geosfer menurut para ahli dan contoh fenomenanya di masyarakat. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Rate this post