7 Pengertian Gulma Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Gulma Menurut Para Ahli

Pengertian Gulma Menurut Para Ahli


indonesiastudents.com– Rumput yang di dalam bahasa Inggris adalah grass secara umum dapat diartikan sebagai tumbuhan jenis monokotil yang memiliki daun sempit meruncing yang tumbuh atau berasal dari batang. Rumput seringkali dimanfaatkan sebagai tanaman hias, pakan ternak, dan juga tak jarang rumput sebagai tanaman obat. Namun tak jarang banyak rumput yang tumbuh dan bersifat mengganggu dalam hal pertanian, sehingga tanaman pengganggu ini kemudian dikenal dengan gulma.

Baca: Tanaman Kipahit dan Klarifikasinya Lengkap

Pengertian Gulma


Gulma adalah tanaman yang tidak dikehendaki oleh para penanam, karena tanaman ini tumbuhnya salah tempat, tidak dikehendaki, dan merugikan. Gulma yang selalu berada di sekitar tanaman yang dibudidayakan dapat menghambat pertumbuhan serta menekan hasil akhir.

Pengertian Gulma Menurut Para Ahli


Soerjani (1974), dalam bukunya mendefinisikan sebagai tumbuhan yang manfaatnya secara umum belum diketahui

Kustono (2004), menurutnya tumbuhan yang dapat menggangu dan menyebabkan kerusakan bagi sektor pertanian, misalnya menggu tbudidaya maupun aktifitas pertanian lainnya.

Yakup (1994 ), dalam definisinya gulma adalah segala tanaman yang tumbuh yang hidup di lahan pertanian sehingga tempat keberadannnya tidak diinginkan.

Beal Cicit, Soejani (1987), memberi arti gulma secara singkat dan lebih singkat dari yang lainnya, yaitu gulma adalah tumbuhan salah tempat

Tjitosoedirdjo alet (1984) Gulma adalah tumbuhan yang tidak dikehendahi oleh para petani.

Yakup (1991), memberi arti gulma adalah tumbuhan yang memiliki peranan dan pitensi, akan tetapi untuk hakikat kehadirannya belum diketahui.

Sutidjo (1974), dalam definisinya gulma adalah tumbuhan yang dianggap tidak sesuai dengan tempatnya tumbuh sehingga memiliki nilai yang negatif.

Dari 7 pengertian gulma menurut para ahli diatas, dapatlah dikatakan bahwa akibat prilaku tanaman yan menggu (gulma) ini dapat menghambat pertumbuhan dan juga mampu menurunkan hasil, sehingga hal tersebut akan cenderung membuat manusia berusaha menghilangkannya.

Oleh karena itulah sampai saat ini banyak proses pengendalian gulma dilaksanakan pada tempat pertanaman yang dibudidayakan dan tidak ditiadakan seluruh waktu serta mempunyai beberapa dasar cara pengendalian seperti dengan cara memompa gulma menggunakan pestisida.

Demikianlah penjelasan mengenai 7 Pengertian Gulma Menurut Para Ahli semoga dengan adanya penjelasan ini dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Gulma”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

 

Rate this post