9 Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli

Pengertian Morfologi– Morfologi ialah suatu istilah yang seringkali muncul dalam matapelajaran tertentu, baik Bahasa Indonesia, geografi, arsitektur, biologi, dan lain sebaginya. Meskipun begitu tak jarang diantara kita kurang memahami pengertian morfologi secara umum.  Oleha kerana itula pada kesemapatan kali ini, indonesiastudents.com akan mengulas lebih dalam tentang pengertian morfologi.

Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli


Ada banyak pengertian tentang morfologi menurut para ahli yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Berikut pengertian morfologi tersebut;

Zaenal Arifin dan Juaiyah, memberikan pengertian bahwa morfologi ialah ilmu bahasa tentang seluk-beluk bentuk struktur kata.

J. W. M. Verhaar, memberikan pengertian bahwa morfologi adalah salah satu cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal tulisan.

Ramlan, memberikan pemahaman bahwa morfologi ialah bagian dari ilmu bahasa yang khusus membicarakan struktur kata serta pengaruh perubahan-perubahan struktur kata terhadap arti kata.

Nida (dalam Syahwin Nikelas; 1993), menyetakan bahwa morfologi adalah kajian tentang morfem-morfem dan penyusunan morfem dalam pembentukan kata.

Crystal, morfologi ialah suatu cabang tata bahasa yang membahas tentang struktur dan bentuk kata, utamanya struktur dan bentuk kata tersebut melalui penggunaan morfem.

Bauer, mengartikan bahwa morfologi adalah struktur internal bentuk kata.

Rusmaji, mengutarakan bahwa morfologi ialah pemabahasan mengenai kata, bagian-bagiannya, dan proses terbentuknya kata.

O’Grady dan Dobrovolsky, mengatakah bahwa morfologi adalah komponen bahasa generatif transformasional (TGT) yang khusus membicarakan struktur internal kata, khususnya kata-kata yang bersifat kompleks.

Kridalaksana, mengatakan bahwa morfologi adalah suatu bidang  linguistik yang  mempelajari  morfem  dan  segala kombinasinya dari struktur  bahasa.

Dari 9 pengertian morfologi di atas dapat disimpulkan jikalau morfologi ialah tata kelola bahasa yang digunakan dalam membentuk kalimat, agar sistematis dan juga mudah dicerna oleh khalayak umum. Karena identik dengan proses serta penggunaannya.

Demikianlah penjabaran mengenai 9 pengertian morfologi menurut para ahli, semoga penjabaran ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang ingin atau sedang mempelajar pengertian morfologi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

 

 

Rate this post