5+Pengertian Habitat dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Habitat dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap


indonesiastudents.com– Habitat menjadi istilah yang wajib dipelajari bagi setiap orang di jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, ataupun Perguruan Tinggi. Apalagi bagi peminat disiplin ilmu biologi, khusunya ilmu ekologi wajib rasanya untuk mengatahui pengertian habitat.

Baca Juga: Pengertian Suaka Margasatwa Menurut Ahli

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai pengertian habitat dan contoh habitat.

Pengertian Habitat


Habitat adalah tempat atau ruang bagi makhluk hidup untuk tinggal atau berkembang biak secara  optimal. Tempat  yang  dimaksud ialah tempat melakukan perkawinan, peristrirahatan, bertelur, dan yang lainnya. Tempat ini juga terdiri dari lingkungan yang ada disekeliling populasi sehinga bisa memengaruhi dan juga dimanfaatkan.

Adapun menurut para ahli, pengertian habitat adalah sebagai berikut;

Pengertian Habitat Menurut Para Ahli


Beberapa ahli memberikan definisi habitat, diantaranya;

Ngamel (1988).

Menurutnya, habitat adalah suatu ruang organisme untuk melakukan segala kegiatan atau aktivitas  dalam kehidupan sehingga hal itu dapat tercermin dalam daerah jelajahnya.

Qdum (1993).

Definisi habitat adalah semua temapat yang ditinggali oleh mahluk hidup untu berkembangbiak dalam jangka waktu tertentu.

Clements dan Shelford (1939)

Menjelaskan bahwa arti habitat adalah segal lingkungan fisik yang ada di dalam spesies atau komunitas tertentu.

Ilmu Ekologi

Dalam Ilmu Ekonologi habitat diartikan sebagai tempat yang ditinggali oleh sekelompok spesies yang sama sehingga membentuk jaringan-jaraingan kehidupan yang ada.

Budiharsanto (2006)

Memberikan makna habitat sebagai ruang untuk koeksistensi yang tidak antar kehidupan mahluk hidupp sehingga mampu menunjukan kesesuai, antara karaketristik dan kebutuhan mahluk hidup tersebut.

Kramadibrata (dalam Budiharsanto, 2006).

Mengatakan jika habitat adalah pengaruh mikro habitat terhadap keseusian keanekaragaman jenis.

Dari 5 pengertian habitat menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa habitat adalah tempat mahhluk hidup tingga dengan spesies sejis, arti ini tentunya banyak yang menyebutkan sama dengan populasi, meskipun sebenarnya arti habitat dan populasi memiliki banyak perbedaan. Perbedaannya jika habitat bisa dihuni oleh banyak spesies atau jenis mahluk hidup akan tetapi jika populasi hanya satu jenis.

Contoh Habitat


Banyak contoh yang dapat diberikan menganai “Habitat” meskipun begitu untuk contoh kongrit adalah keberadaan ikan gabus, ikan lele, ikan gurame, ikan hias, atau lainnya bisa dikatakan sebagai habitat air tawar.

Contoh habitat lainnya, misalnya ikan paus, lumba-lumba adalah habitat air laut. Begitulah seterusnya contoh yang bisa diambil dari habitat (tidak sejis akan tetapi hudip dalam runga lingkup yang sama).

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian habitat dan contohnya. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawsan bagi setiap pembaca yang saat ini sedang mencari makna atau arti habitat. Trimakasih, jangan lupa baca artikel lainnya;