4 Pengertian Koperasi Syariah Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Istilah koperasi pada dasarnya bersal dari bahasa latin yaitu Cum (dengan) dan aperari (bekerja). Dari dua kata  ini kemudian dalam Bahasa Inggris dikenal istilah Co dan Operation yang memiliki makna bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Adapun kemudian dalam perkembangannya koperasi di Indonesia, mengenal dengan istilah koperasi syariah. Menggunakan lebel “Syariah” karena mengaitkan dengan ajaran agama terbesar di Indonesia, yakni agama Islam.

Baca: 6 Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Menurut Para Ahli

Meskipun demikian tak banyak diantara masyarakat Indonesia kurang memahami arti, defenisi, atau pengertian koperasi syariah. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan mencoba memberikan pengertian koperasi syariah.

Pengertian Koperasi Syariah


Koperasi syariah adalah koperasi yang didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotadan    masyarakat Islam untuk serta turut membangun tatanan perekonomian secara bersama-sama yang sesuai dengan prinsip-prinsip keislaman.

Adapun menurut para ahli, pengertian koperasi syariah adalah sebagai berikut;

Pengertian koperasi Syariah Menuruh Para Ahli


Ahmad Ifham (2010)

Menurutnya, koperasi syariah adalah usaha koperasi yang meliputi semua kegiatan usaha yang halal, baik, bermanfaat, serta menguntungkan dengan sistem bagi hasil, dan tidak pula mengandung riba.

Kementrian Koperasi UKM RI tahun 2009 pasal 1

Menurutnya, arti koperasi syariah atau jasa keuangan syariah adalah suatu bentuk koperasi yang segala kegiatan usahanya bergerak dibidang pembiayaan, simpanan  sesuai dengan pola bagi hasil (Syariah), dan investasi.

Nur S Buchori (2008)

Memberikan definisi koperasi syariah adalah koperasi yang mensejahterakan ekonomi para anggotanya  yang sesuai  norma  dan  moral  Islam. Usaha tersebut tentunya berguna untuk menciptakan persaudaraan  dan  keadilan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Soemitra (2009)

Koperasi syariah adalah suatu lembaga keuangan mikro yang di operasikan dengan sistem bagi hasil, guna menumbuh  kembangkan  bisnis  usaha  mikro  dan  kecil anggotanya sehingga mampu mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin.

Dari berbagai pengertian koperasi syariah menurut para ahli tersebut dapat diambil kesimpulan bahwasanya koperasi syariah adalah koperasi yang dijalankan masyarakat atau lembaga tertentu yang sesuai dengan syariat agama islam.

Landasan Koperasi Syariah


  • Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI tentang  Pedoman  Standar Operasional Manajemen Koperasi Jasa Keuangan Syariah.

  • Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Koperasi syariah berazaskan gotong royong dan kekeluargaan.
  • Koperasi  syariah  berlandaskan  syariah  Islam  yaitu  al-quran  dan  as-sunnah.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian koperasi syariah dan landsan koperasi syariah, semoga dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi para pembaca yang sedang mendalami tentang “Koperasi Syariah”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;