Pengertian Hidrosfer dan Siklusnya Menurut Para Ahli Geografi

Posted on

Pengertian Hidrosfer dan Siklusnya Menurut Para Ahli Geografi

pengertian hidrosfer menurut para ahli

indonesiastudents.comHidrosfer dalam geografi menjadi pelajaran wajib yang harus diketahui, baik oleh pelajar, mahasiswa, guru/dosen atau bagi para peminat ilmu-ilmu kebumian (termasuk geografi). Hidrosfer yang kita kenal selama ini pada dasarnya berasal dari kata hidros “air” dan sphere “daerah”.

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai hidrosfer pada ulasan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan penjelasan mengenai pengertian hidrosfer dan siklus hidrosfer atau silus hidrologi dalam geografi.

Pengertian Hidrosfer


Hidrosfer adalah suatu daerah perairan yang dalam implementasinya mengikuti bentuk bumi yang bulat. Daerah perairan ini meliputi semua aspek, baik samudera, danau, gletser, sungai, air tanah, , laut, dan uap air yang terdapat di atmosfer.

Baca: 7 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli, pengertian hidrosfer adalah sebagai berikut;

Pengertian Hidrosfer Menurut Para Ahli

  1. Nanda Anatasya (2017), Hidrosfer adalah lapisan air yang bentuknya polanya mengikuti pola bumi yakni bulat.
  2. Wikipedia, Pengertian hidrosfer adalah segala bentuk lapisan air yang terdaoat di permukaan bumi

Dari pengertian hidrosfer menurut para ahli diatas dapat disimpukan jika hidrosfer adalah segala sesatu yang berhubungan dengan air, baik bentuk, saluran, atau siklusnya. Adapun penting dipahami bahwa air di bumi memiliki jumlah yang tetap (tidak bertamah/berkurang) dan selain itu air di bumi juga senantiasa bergerak dalam suatu lingkaran peredaran yang sama, istilah ini seringkali disebut dengan siklus hidrologi (siklus air) atau daur hidrologi.

Pengertian siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau  daur ulang mengenai air. Secara berurutan siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga jenis, yakni  pendek,  sedang dan panjang. Berikut ulasan lebih lanjut;

Siklus Hidrologi Beserta Penjelasannya


Siklus Pendek

siklus pendek hodrologi

Siklus pendek pada hidrologi yakni dimulai dari air laut yang terkena panas akibat adanya sinar matahari, kemudian menjadi gas sehingga proses ini dikenal dengan kondensasi.

Siklus Sedang

siklus sedang hodrologi

Siklus sedang pada hidrologi, dimulai dari uap air yang ada di bumi, ditiup oleh angin hingga sampai ke daratan. Di daratan uap air tersebut pada akhirnya membentuk awan, sehingga awan tersebut jatuh sebagai hujan di atas daratan. Air hujan yang telah jatuh akan mengalir melalui sunga atau selokan dan akhirnya kembali lagi kedalam laut.

Siklus Panjang

siklus panjang hidrologi

Siklus panjang hidrologi dimulai dari uap air yang berasal dari lautan yang ditiup oleh angin ke atas daratan. Adanya pendinginan yang ada di daratan tersebut akhirnya mencapai titik beku pada ketinggian tertentu. Proses ini menyebabkan terbentuknya awan yang mengandung banyak kristal es. Awan-awan yang mengandung banyak Kristal tersebut akhirnya mampu menurunkan hujan es atau salju di atas pegunungan. Di permukaan bumi es dari pengunungan tersebut mengalir dalam bentuk gletser, masuk lagi ke sungai dan akhirnya kembali lagi ke lautan.

Sebagai upaya mempertajam pemahaman tentang hal tersebut, penting bagi setiap pembaca untuk memahami tentang berbagai istilah dalam siklus hidrologi.

Istilah Dalam Siklus Hidrologi

  • Transpirasi, Transpirasi adalah evaporasi atau penguapan air yang terkandung dalam tumbuha
  • Evapotranspirasi, Evaporasi adalah perpaduan evaporasi dan transpirasi
  • Kondensasi, Kondensasi adalah proses perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air sebagai hasil pendinginan.
  • Presipitasi , Presipitasi adalah segala bentuk curahan air atau hujan.
  • Infiltrasi, Infiltrasi adalah air yang jatuh ke permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah.
  • Perkolasi, Perkolasi adalah air yang meresap terus sampai ke kedalaman tertentu hingga mencapai air tanah atau groundwater
  • Arus Bawah Permukaan, Aliran air bawah tanah, di zona Vadosedanakuifer. Air bawah permukaan dapat kembali ke permukaan  atau akhirnya meresap ke dalam lautan.
  • Sublimasi, Perubahan wujud yang terjadi secara langsung dari yang awalnya adalah air padat (salju atau es) menjadi uap air.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hidrosfer dan siklusnya menurut para ahli geografi. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Hidrosfer”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 4 Pengertian Pernikahan Dini, Faktor dan Dampaknya Menurut Ahli
  2. 4 Pengertian Pemberdayaan Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Pengertian Alkaloid, Sifat, dan Fungsinya Lengkap
  4. 6 Pengertian Usia Muda (Remaja) Menurut Para Ahli
Pengertian Hidrosfer dan Siklusnya Menurut Para Ahli Geografi
Rate this post