4 Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan 3 Contohnya

Diposting pada
Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli
Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Inovasi menjadi bagian daripada kata yang sering kita pergunakan, baik dalam dunia pendidikan atau di dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya istilah inovasi berasal dari bahasa inggis (innovate) yang kemudian dilakukan penyerapan ke dalam Bahasa Indonesia. Sehingga dalam perkembangannya menciptakan sesuatu hal yang baru, yang dapat diamnfaatkan atau bermanfaat baik bagi individu atau masyarakat.

Mekipun begitu tak jarang diantara kita kurang memahami maksud inovasi. Oleh karena itulah pada tulisan ini, akan mengulas pengertian inovasi dan contohnya di masyarakat dalam keseharian.

Inovasi

Inovasi adalah bagian daripada adanya tindakan seseorang memperkenalkan sesuatu yang baru, dimana sesuatu yang baru tersebut sudah ada sebelumnya namun kemudian tindakan atau ciptaanya dikemas dengan hal-hal yang belum pernah ada. Adapun untuk orang yang melakukan pembaharuan dengan pemiripan yang kreatif dikenal dengan sebutan innovator.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi inovasi menurut para ahli, antara lain;

  1. Iwantono (2005)

Inovasi adalah pencarian secara terarah dan terorganisasi atas perubahan yang terjadi dan di dalam analisis sistematis atas peluang, sebagian besar inovasi yang berhasil adalah yang dapat memanfaatkan perubahan

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian Inovatif adalah bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru; bersifat pembaruan (kreasi baru) misalnya kita mencoba memecahkan masalah pendidikan yang kronis dengan cara-cara inovatif.

  1. Rehandonk (2015)

Arti inovasi adalah bagian proses yang dilakukan seseorang untuk mengubah ide baru menjadisuatu bentuk  produk yang berguna.

  1. Eko Wahyudi (dalam inginhilangingatan, 2009)

Menurutnya, inovasi adalah kemampuan seseorang dalam mendayagunakan suatu pikiran dari sumber daya yang ada disekelilingnya untuk kemudian berusaha diimplementasikan dalam karya yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang.

Contoh Inovasi

Adapun untuk contoh adanya inovasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Bank Sampah

Contoh inovasi berkaitan dengan pemanfaatkan limbah ini misalnya saja tindakan seseorang menciptakan bank sampah. Sampah yang notabene tidak dapat digunakan dan juga barang sisa akhirnya dikelola agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

  1. Mesin Penggiling Jagung

Contoh inovasi yang lainnya, misalnya ialah tindakan seseorang dalam mencipatakan mesin penggiling jagung, yang sebelumnya jagung diambil dengan cara konvensional karena ada seseorang yang mampu berfikir kreatif pada akhirnya ia menciptakan peralatan yang lebih efesien.

  1. Pendidikan

Prihal dunia pendidikan adanya contoh inovasi adalah penggunaan beragam game edukasi dalam proses belajar mengajar. Sehingga dalam penerapannya setiap siswa dalam belajar bisa lebih memudahkan dalam memahami materinya.

Demikianlah ulasan mengenai inovasi yang di dalamnya mencangkut pengertian inovasi menurut para ahli dan contohnya. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Inovasi” Trimakasih.

Rate this post