3 Pengertian Penyalahgunaan Narkoba Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Penyalahgunaan Narkoba Menurut Para Ahli

Penyelahgunaan secara umum diartikan sebagai suatu proses atau cara yang salah dalam melakukan perbuatan-perbuatan tertentu. Penyalahgunaan juga identik dengan metode yang tidak sesuai dengan ketentuan yang semestinya berlaku dalam masyarakat.  Adapun dalam hal ini, indonesiastudents.com akan memberikan pengertian penyalahgunaan narkoba terhadap obat-obatan atau zat yang tergolong dalam zat narkotika, psikotropikazat-zat, dan zat adiktif lainnya.

Pengertian Penyalahgunaan Narkoba Menurut Para Ahli

Definisi penyelah gunaan narkoba menurut para ahli, antara lain;

Vronica Colondam (2007)

Menurutnya, penyalahgunaan mengatakan narkoba adalah penyalahgunaan terhadap berbagai obat-obatan yang masuk dalam daftar hitam yakni daftar obat yang masuk Undang-Undang Narkotika dan Psikotropika. Ia pun mengatakan kembali, bahwa penyalahgunaan narkoba adalah penyalahgunaan yang berkonsekuensi pada hukum, hal ini lantaran penyalahgunaan akan memberikan dampak pada perubahan metal, kecanduan, dan prilaku.

Steinberg (2002)

Penyalahgunaan narkoba adalah penyalahgunaan yang disebabkan adanya pengaruh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut menurutnya, yaitu faktor protektif, yaitu faktor yang dapat menyebabkan penurunan terhadap kecenderungan, keterlibatan terhadap penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

Martaniah (1991)

Penyalahgunaan NAPZA termasuk narkoba adalah penyalahgunaan yang disebabkan oleh komponen psikologis, seperti politik, hukum, dan sosial. Penyelah gunaan ini dapat meningkatkan angka kriminalitas dan juga meningkatkan jumlah kemiskinan.

Dari sejumlah pengertian penyalahgunaan narkoba menurut para ahli diatas, daoat dikatakan jika penyalahgunaan narkoba adalah penyalahgunaan terhadap zat yang tergolong dalam narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain sehingga dapat merusak mental, sikap, dan cara berfikir para penggunannya.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 pengertian penyalahgunaan narkoba menurut para ahli lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mendalami dan mencarai refrensi tentang “Penyalahgunaan Narkoba”. Trimakasih,