11 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

11 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

pengertian interaksi sosial menurut para ahli

indonesiastudents.comInterakasi Sosial menjadi istilah yang wajib diketahui bagi setiap orang yang menggambil jurusan ilmu sosial, baik sosiologi, psikologi, hukum, atau yang lainnya. Kata  interaksi sosial pada hekatnya terdiri dari dua istilah, pertama adalah interkaasi dan keduannya sosial.

Interkasi secara umumnya didefinisikan sebagai berhubungan atau saling keterkaitan antara dua induvidu ataupun lebih.  Sedangkan  arti sosial  tak bisa terlepastkan dari masyarakat, arti ini secara tindak langsung mengindikasikan bahwa setiap mahluk hidup memerukan interasi dan sosial.

Baca: 7 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan pengertian interaksi sosial;

Pengertian Interaksi Sosil


Interaksi sosial adalah hubungan yang terjadi dalam induvidu dan inidvidu lainnya, baik di dalam berkomunikasi atau melakukan tindakan sosial. Interkasi sosial terjadi karena adanya kontak sosial dan komunikasi.

Adapula yang memberikan definisi bahwa interkasi sosial adalah hubungan sosial yang  dinamis antara individu dengan individu lain, antara individu dan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok. Sedangkan para ahli, memberikan pengertian interaksi sosial sebagai berikut;

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli


Hernawan (2010)

Interaksi sosial adalah suatu prinsip pembelajaran yang meliputi keterampilan berkomunikasi dan kerjasama untuk menumbuhkan sikap yang harmonis setiap inividu dengan lingkungannya.

Max  Weber

Interaksi sosial adalah adalah tindakan individu yang dapat mempengaruhi individu lain dalam lingkuannya.

Gilin

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang bersifat dinamis (tidak statais) sehingga antara individu dengan individu lainnya akan terciptka sikap dasar seorang manusia yang tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain.

Macionis

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan aksi dan reaksi antar inidvidu yang di dalamnya mengundang makna atau maksud tertentu.

Broom dan Selznic

Definisi interaksi sosial adalah proses kegiatan interaksi yang didasari atas kesadaran orang lain untuk saling mlenegkapnya.

Kimball Young dan Raymond W. Mack

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan sosial yang terjadi antara individu dengan perseorangan ataupun kelompok secara dinamis.

Homans

Pengertian interaksi sosial adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang terhadap orang lain karena menggarapkan respon.

Bonner

Interaksi sosial adalah hubungan antara dua inividu atau lebih yang saling beraksi sehingga data mempengaruhi dan mengubah kehidupan satu sama lain.

Walgito

Menurtnya, interkasi sosial adalah hubungan timbal balik yang dapat mempengaruhi setiap orang setelah melakukan hubungan tersebut.

Soerjono Soekamto

Ahli sosiologi dari Universitas Indonesia ini mengartikan bahwa interaksi sosial adalah cara berhubungan antara seseorang dengan kelompok untuk membangun suatu sistem dalam hubungan sosial yang harmonis.

Murdiyatmo dan Handayani

Pengertian interaksi sosial sebagai hubungan yang dibangun atas dasar suatu proses kehidupan karena didalamnya terjadi sikap saling mempengaruhi satu sama lain.

Dari 11 pengertian interaksi sosial menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika syarat terjadinya interakasi sosial jika ada Kontak Sosial dan Komunikasi.

Syarat Terjadinya Interakasi Sosial


  1. Kontak Sosial secara langsung melalui kontak fisik seperti berbincang, menyentuh, mimik, dan lain sebaginya. Atau kontak sosial secara tidak langsung melalui media seperti surat, telpon, e-mail, SMS, radio, TV dan lain sebaginya.

  2. Komunikasi adalah kegiatan saling menafsirkan perilaku, seperti pembicaraan, gerakan fisik, sikap dan perasaan-perasaan yang disampaikan.

Sedangkan untuk sumber informasi ketika seseorang berinteraksi dengan lawannya, biasanya di dasari atas warna kulit, usia, jenis kelamin, penampilan fisik, benuk tubuh, pakaian dan wacana. Sumber informasi tersebut bisa didapatkan oleh seseorang untuk menggambarkan tindakan yang ada, artinya informasi tersebut dilakukan dalam upaya untuk membangun interkasi sosial.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian interaksi sosial menurut para ahli, semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mendalami atau menulas lebih dalam tentang “Interaksi Sosial”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 5 Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet Beserta Contohnya
  2. 8 Cara Menulis Novel Bagi Pemula Versi Raditya Dika
  3. 8 Tips Sederhana Lolos Beasiswa Pascasarjana Dalam Negri, No 6 Penting
  4. Penulisan Catatan Kaki Beserta Contohnya Terlengkap