7 Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli dan Cara Mengendalikannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli dan Cara Mengendalikannya Lengkap

pengertian pengendalian sosial

indonesiastudents.comPengertian pengendalian sosial (social control) barangkali menjadi salah satu materi pelajaran penting dalam Ilmu Sosial, khususnya disiplin ilmu yang mempelajarinya adalah Ilmu Sosiologi. Meskipun begitu tak jarang banyak diantarnya kita masih kebingunungan memahami serta memberikan pengertian, apa itu pengendalian sosial?.

Baca: 11 Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli Beserta Bentuk, Sifat, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Oleh karenanya pada artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan tentang “Pengendalian Sosial”.

Pengertian Pengdalian Sosial


Pengendalian Sosial adalah segala bentuk upaya dan tindakan yang dilakukan seseorang untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan mengarahkan anggota masyarakat agar bertindak menurut norma dan nilai sosial.

Sedangkan pengertian pengendalian sosial menurut para ahli, adalah sebagai berikut;

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli


Peter L. Berger

Menurutnya, pengendalian sosial adalah suatu cara yang dipergunakan masyarakat untuk dapat menertibkan anggota-anggotanya yang membangkang

Roucek

Pengendalian sosial adalah proses terencana yang menganjurkan, membujuk, atau memaksa bagi setiap individu untuk menyesuaikan diri pada kebiasaan dan juga nilai hidup suatu kelompok

Bruce J. Cohen

Pengendalian sosial ialah berbagai cara yang digunakan oleh masyarakat atau individu untuk mendorong individu lainnya untuk dapat berperilaku sesuai kehendak lingkungan dalam masyarakat tertentu dan yang sesuai dengan aturan dan tingkah laku yang berkembangan.

Soetandyo Wignyo Subroto

Definisi pengendalian sosial adalah penerapan sanksi, yang menjadi suatu bentuk penderitaan telah disediakan oleh masyarakat untuk menjaga kesembangan kehidupan di dalamnya.

Astrid S. Susanto

Pengendalian sosial adalah upaya yang dilakukan untuk mengontrol psikologis atau non-fisik karena hal tersebut merupakan tekanan mental terhadap setiap individu sehingga individu bersikap dan juga bertindak yang sesuai dengan penilaian dalam kelompok masyarakat.

Nova Pratiwi

Pengendalian sosial adalah proses yang tersusun secara sistematis dalam mencegahegala bentuk  penyimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarkat serta dilakukan dalam upaya mengajak dan mengarahkan masyarakat agar berperilaku yang dsesuaengan i norma dan nilai.

Horton

Pengendalian sosial atau kontrol sosial adalah mekanisme peraturan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dalam upaya mengendalikan segala tindakan agar sesuai dengan norma dan nilai.

Dari 7 pengertian pengendalian sosial menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika pengendalian sosial adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam mengontrol atau mengkondisikan kehidupan, sehingga kehidupan yang dijalani tidak terancama ataupun tergangunggu.

Sebagai penejlasan lebih lanjut, cara pengendalian sosial yang dapat dilakukan, baik untuk lembaga-lembaga pengendalian sosia atau orgaiasasi adat dan masyarakat sebagai berikut;

Cara Pengendalian Sosial


  1. Melalui institusi dan non-institusi

  2. Secara lisan, simbolik dan kekerasan
  3. Melalui imbalan dan hukuman
  4. Secara formal dan informal
  5. Melalui sosialisasi
  6. Melalui tekanan sosial

Contoh Pengendalian Sosial

Berikut ini contoh pengendalian sosial, misalnya Polisi mengatur lalu lintas agar tdk terjadi kemacetan. Polisi berupaya agar aturan (norma) lalu lintas ditaati atau seorang hakim sedang mengadili seorang pelanggar norma. Tujuannya memberi sanksi kepada pelanggar sekaligus mengingatkan orang lain untuk tidak melakukan hal yang sama.

Dan penting untuk dipahami, bahwa selain polisi lembaga apa memiliki tugas pengendalian sosial dalam masyarakat, diantarnya;

Lembaga Yang Memiliki Tugas Pengendalian Sosial

  1. Pengadilan
  2. Adat
  3. Tokoh masyarakat

Demikianlah ulasan mengenai pengertian pengendalian sosial menurut para ahli dan cara mengendalikannya lengkap. Semoga dapat beramnafaat bagi setiap pembaca yang sedang mencarai referensi tentang “Pengendalian Sosial”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 8 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Teorinya Lengkap
  2. Limbah Cair, Pengertian, Pengelolaan, dan Contohnya Menurut Para Ahli Lengkap
  3. 7 Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli dan Jenisnya Lengkap
  4. 2+ Pengertian Kongres dan Contohnya Menurut Ahli