Pengertian Kalimat Perintah dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

kalimat printah dan contohnya

Indonesiastudents.com– istilah kalimat perintah yang lebih dikenal dengan kalimat imperatif adalah istilah yang seringkali dipergunakan bagi sebagain besar manusia, istilah ini sering digunakan karena perintah menjadi landasan awal pengetauan yang diberikan kepada orang lain agar sekiranya kita dapat menjalani apa yang diperintah. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian kalimat perintah dan juga contoh kalimat perintah.

Kalimat Perintah

Wujud atau tujuan mempergunakan kalimat printah banyak diplikasikan oleh sebagai besar orang yang lebih tua dan tak jarang juga orang yang lebih muda. Misalnya printah guru kepada peserta didik untuk belajar, perintah agama yang mewajibkan seseorang menaati peraturan tuhan, dan lain sebaginya.

Pengertian Kalimat Perintah


Kalimat perintah atau kalimat imperatif dapat diartikan sebagai suatu kalimat yang mengandung permintaan agar orang kedua melakukan tindakan atau mengambil sikap tertentu sesuai dengan kata kerja yang dimaksud.
Kalimat perintah ini biasanya selalu ditandai dengan tanda baca seru (!) pada akhir kalimat yang dimaksudkan. Hal ini sebagai upaya penagasan dalam segi ucapan dan arti.

Contoh Kalimat Perintah

Berikut, sebagai pemahaman lebih lanjut, akan memberikan berbagai contoh kalimat perintah atau seringkali pula kita mengenalnya dengan kalimat imperatif


  1. Silakan Anda mendaftar terlebih dahulu!

  2. Pilihlah program sesuai tujuan perguruan tinggi negeri dan kemampuanmu!
  3. Belajarlah, berlatihlah, dan berdoalah agar impianmu tercapai!
  4. Silahkan kamu sholat dahulu!
  5. Jangan lupa besok kalian harus bangun pagi!
  6. Sokolah itu biar pinter, makanya kamu harus pinter!

Demikialan penjelasan atas ulasan kalimat perintah, yang terdiri dari pengertian kalimat perintah dan contoh kalimat perintah. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yang sedang mendalami materi kalimat perintah yang biasanya materi dalam kalimat perintah ini sendiri berada di dalam pembahasan Bahasa Indonesia. Jangan lupa baca juga artikel kalimat lainnya;

  1. Pengertian Kalimat Berita dan Contohnya Lengkap
  2. Pengertian Kalimat Tak Langsung dan Contohnya Lengkap
  3. Pengertian Kalimat Langsung dan Contohnya Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *