4 Contoh Catatan Kaki (Footnote) dari Internet yang Baik dan Benar

Diposting pada
contoh catatan kaki
Contoh Catatan Kaki dari Internet

Menulis catatan kaki atau yang dikenal dengan footnote adalah salah satu upaya memberikan sumber literatur atau sumber informasi kepada pembaca. Biasanya catatan kaki digunakan untuk sebuah data, ungkapan, ucapan, ataupun yang lainnya.

Meskipun tak jarang dari berbagai literatur yang digunakan penulis salah satunya berasal dari internet. Internet sendiri saat ini menjadi segmen penting bagi seseorang untuk mencari segala bentuk informasi, meskipun begitu beberapa aturan dalam kepenulisan yang harus dilakukan, salah satunya menyebutkan catatan kaki atau footnote dari internet.

Catatan Kaki

Diakui ataupun tidak, meski aturannya tak bisa dibilang baku, lantaran untuk penulisan cacatan kaki dari internet ini ada banyak. Namun, sekali lagi untuk model penulisan cacatan kaki silahkan dipilih dari berbagai sumber yang kami anggap baik dan benar.

Contoh Catatan Kaki dari Internet

Berikut ini adalah panduan catatan kaki, terutama yang mengambil sumber dari internet;

  1. Sumber dari internet serta Tanggalnya

Dalam contoh pertama ini hanya disebutkan secara singkat mengenai sumber dari internet, serta tanggal pengambilannya. Tanggal meliputi Tanggal itu sendiri, Bulan, Serta tahun pengembilan daripada sumber yang dianggap memiliki tingkat kepercyaan tinggi. Misalnya sebagai berikut;

https://www.indonesiastudents.com/pengertian-islam-radikal-ciri-radikal-islam/ (Dikases, 18 Februari 2022).

  1. Alamat Situs dari Sumber, Judul, serta Link

Contoh catatan kaki selanjutnya, memiliki tingkat yang lebih tinggi. Yang harus menyebutkan alamat situs dari sumbernya, judul, serta link yang menuju pada sumber tersebut. Lak lupa juga menyertakan tanggal, bulan, dan tahun dalam pembuatannya.

Misalnya saja sebagai berikut;

Indonesia Students: “Pengertian Administrasi Negara” https://www.indonesiastudents.com/teori-administrasi-negara-klarifikasi-dan-sifatnya/ diakses tanggal 3 Desember 2021.

  1. Menyebutkan  Nama Penulis dalam Website

Contoh yang nomor 3, dalam panduan catatan kaki ialah dengan menyebutkan nama penulis dalam website tersebut. Judul, link yang mengarah pada sumber, serta yang terkhir tanggal, bulan, serta waktu pengambilan sumber dalam pembuatan catatan kali yang kamu buat;

Imam, “Pengertian Perubahan Sosial”, Indonesia Student, diakses dari: https://www.indonesiastudents.com/pengertian-perubahan-sosial-contoh-perubahan-sosial/, pada tanggal 11 Desember 2021 pukul 15:01 Wib.

  1. Berbahasa Inggris

Contoh yang terkhir, dalam sajian contoh catatan kaki ini ialah dengan menggunakan Bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan dengan menyebutkan nama penulis, bulan, serta tahunnya saja. Panduan ini bisaasanya dipergunakan untuk catatan kaki dalam situs bahasa inggris.

Contohnya sebagai berikut;

Imam, “Macam-macam sosialisasi” Open Dictionary Indonesia Student, (https://www.indonesiastudents.com/macam-macam-sosialisasi/, Acessed On February 12, 2022).

Demikianlah tadi tata cara penulisan catatan kaki yang sumbernya dari internet. Semoga ulasan ini bisa membantu para pembaca sekalian yang sedang kebingungan atau mencarai referensi bagaimana menulis catatan kaki dari internet atau bagimana menulis footnote dari internet.

3/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.