7+Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Keanekaragaman hayati dalam istilah lain dikenal dengan “iodiversitas” pada dasarnya memberikan pemahaman mengenai sejumlah variasi yang ada di dalam sumua makhluk  hidup, baik variasi  gen, ekosistem, dan jenisnya.

Keanekaragaman hayati yang  tersedia di bumi merupakan suatu proses dan yang sangat lama, sehingga sampai saat ini kita mengenal bermacam-macam makhluk hidup. Dalam sejarahnya keanekaragman hayati dipergunakan Raymond F. Dasmann sebagai seseorang ahli yang dikenal sebagai ilmuwan satwa liar dan pelestari.

Baca Juga: Pengertian Suaka Margasatwa Menurut Ahli

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai keanekaragaman hayati, berikut indonesiastudents.com. Akan memberikan penjelasan tentang pengertian keanekaragaman hayati menurut para ahli.

Pengertian Keanekaragaman Hayati


Keanekaragaman hayati adalah istilah yang dipergunakan untuk menyebutkan berbagai jenis mahluk hidup yang ada tinggal di bumi, jenis- tersebut dibagi atas perbedaan gen dan ekosistem sehingga melahirkan bentuk dan rupa beserta ciri khas yang berbeda.

Adapun pengertian Keanekaragaman hayati menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut;

Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Para Ahli


Banyak tokoh yang mendefinisikan keanekaragaman hayati, diantaranya;

Sudarsono (2005)

Menurutnya, keanekaragaman hayati adalah adalah segala bentuk variasi mengenai ketersediaan jenis genetic dan keanekaragaman ekosistem.

Global Village Translations (2007)

Arti keanekaragaman hayati adalah kelimpahan mengenai keanekaragaman suatu genetik relatif dari  semua  habitat  yang ada di bumi, baik di darat,  laut, atau sistem perairan lainnya

Bappenas (2004)

Pengertian keanekaragaman hayati mencakup segala kehidupan di bumi,  mulai dari makhluk hidup yang paling sederhana sampai segala makhluk yang mampu berpikir.

Ani Mardiastuti (1999)

Menurutnya, keanekaragaman hayati adalah kelimpahan variasi dari berbagai jenis sumberdaya alam hayati, baik dari tumbuhan dan hewan.

Convention on Biological Diversity (1993)

Memberikan pemahaman bahwa keanekaragaman hayati adalah semua sumber mahluk hidup yang meliputi berbagai keanekaragaman jenis, ekosistem, dan antar jenis.

Definisi Wilcox

Menurutnya, keanekaragaman hayati adalah segala kehidupan yang ada di semua tingkat sistem dalam biologis yang terdiri dari molekul, organismic, spesies, populasi, dan ekosistem.

Ilmu Biologi

Dalam ilmu biologi keanekaragaman hayati sama dengan keragaman spesies dan juga kekayaan spesies. Ahli ilmu biologi paling mendefinisikan keanekaragaman hayati sembagai semua ekosistem, gen, dan sepises yang ada di suatu daerah.

Dari 7 pengertian keanekaragaman hayati menurut para ahli di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa keanekaragaman hayati ialah segala sesuatu mahluk hidup yang tinggal di bumi, baik berasal dari habitat laut, udara, dan daratan.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian keanekaragaman hayati. semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari refrensi menganai pengertian/arti/definisi/makna dari “Keankeragaman Hayati”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;