2 Pengertian Ekonomi Pertanian Menurut Para Ahli dan Jenis Sumber Dayanya

Diposting pada

Pengertian Ekonomi Pertanian Menurut Para Ahli dan SumberdayaIstilah mengenai ilmu ekonomi dalam dunia pendidikan dapat diartikan sebagai ilmu sosial yang mempelajari perilaku konsumen, produsen dan masyarakat pada umumnya dalam melakukan pilihan atas sejumlah alternatif pemanfaatan sumber daya dalam proses produksi, perdagangan, serta konsumsi barang dan jasa.

Pada hekatnya istilah ekonomi ini memiliki banyak tafsiran atau pengertian tergantung dari sisi mana kita memandang kata ekonomi tersebut, misalnya dari segi pertanian atau yang dikenal dengan ekonomi pertanian.

Ekonomi Pertanian

Diakui ataupun tidak, pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Pentingnya peranan ini menyebabkan bidang ekonomi diletakkan pada pembangunan ekonomi dengan titik berat sektor pertanian.

Pembangunan pertanian sendiri diarahkan untuk meningkatkan produksi pertanian guna memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuhan industri dalam negeri, meningkatkan ekspor, meningkatkan pendapatan petani, memperluas kesempatan kerja dan mendorong pemerataan kesempatan berusaha.

Pengertian Ekonomi Pertanian Menurut Para Ahli

Adapun definisi ekonomi pertanian menurut para ahli, antara lain;

  1. Anonim

Ekonomi pertanian adalah suatu bagian ilmu pengetahuan ekonomi yang biasanya selalu mempelajari segala bentuk fenomena dan segala bentuk problema yang selalu berkaiatan dengan pertanian baik pertanian mikro maupun pertanian makro.

  1. Tatiek Koerniawati Andajani (2011)

Dalam ilmu pertanian istilah ekonomi dapat diartikan sebagai bagian ilmu ekonomi umum yang mempelajari fenomena-fenomena serta persoalan-persoalan yang berhubungan dengan pertanian baik mikro maupun makro.

Macam Sumber Daya Ekonomi Pertanian

Sumberdaya dalam ekonomi pertanian pada dasarnya meliputi berbagai hal, yaitu;

  1. Lahan Pertanian

Lahan pertanian dalam masyarakat lebih dikenal dengan tekstur tanah. Pengertian tanah sendiri adalah dataran bumi yang bisa diberikan jenis tanaman mahluk hidup. Bentuk lahan pertanian bisa berupa sawah, ladang, ataupun dalam bentuk kebun.

  1. Pendapatan Petani

Pendapatkan pertanian berhubungan erat dengan faktor ekonomi masyarakat. Pendapatan pertanian juga bisa berukuran dengan hasil yang di dapatkan dari lahan pertanian. Pendapatan ini menentukan kesejahteraan masyarakat petani, oleh karenannua konsentrasi ekonomi pertanian bergemelut pada hal ini.

  1. Rumah Tangga Pertanian

Trakhir, sumber ekonomi pertanian adaah rumah tangga pertanian, keluarga dalam hal ini menentukan subjek penting dalam pembangunan hidup masyarakat serta kesejahteraan yang di dapatkannya. Oleh karena itulah kosentrasi pertanian bukan hanya pada lahannya saja akan tetapi pada fungsi keluarga dalam sistem ekonomi pertanian.

Demikianlah ulasan atau pembahasan mengenai pengertian ekonomi pertanian menurut para ahli dan bentuk sumber dayanya yang tersedia. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post