2 Pengertian Kemandirian Belajar Menurut Para Ahli dan Aspeknya

Diposting pada
Pengertian Kemandirian Belajar Menurut Para Ahli
Pengertian Kemandirian Belajar Menurut Para Ahli

Kemandirian belajar pada dasarnya tidak akan terlepas dari serangkaian kegiatan belajar yang artinya berasal dari kemauan diri  sendiri, pilihan sendiri, dan bertanggung jawab sendiri tanpa bantuan orang lain serta mampu mempertanggung jawabkan tindakannya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan menguraikan tentang pengertian kemandirian belajar dan aspek yang ada di dalam kemandirian belajar.

Kemandirian Belajar

Kemandirian belajar adalah bagian daripada adanya proses belajar atas dasar kemauan sendiri serta dapat mempetanggung jawabkan tindakannya.  Kefektifan dari kemandirian belajar ini tidak hanya tergantung pada pengetahuan akan tetapi juga dedikasi dan keahlian dari seorang pendidik.

Alasan hal tersebut diungkapkan karena kemandirian belajar berkaitan erat dengan pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning). Pengaturan diri yang menyeluruh ini mengarah pada kemandirian belajar.

Pengertian Kemandirian Belajar Menurut Para Ahli

Adapun definisi kemandirian belajar menurut para ahli. Antara lain;

  1. Tahar dan Enceng (2006)

Kemandirian belajar adalah bagian daripada pengelolaan kemampuan setiap individu yang mau dan mampu untuk belajar dengan inisiatif sendiri dengan atau bahkan tanpa adanya bantuan pihak lain dalam penentuan tujuan belajar.

  1. I Sugianto (2020)

Kemandirian belajar adalah bagian daripada adanya dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan serangkaian bentuk aktivitas belajar dengan penuh adanya bagian peningkatan dalam keyakinan dan percaya diri akan adanya potensi yang ada.

Macam Aspek Kemandirian Belajar

Untuk macam bentuk yang menjadi bagian daripada adanya kemandirian belajar. Antara lain;

  1. Evaluasi diri
  2. Organisasi dan transformasi
  3. Penataan tujuan dan rencana
  4. Mencari informasi dalam berbagai sumber
  5. Membuat catatan dan monitoring
  6. Menata lingkungan
  7. Konsekuensi diri
  8. Latihan dan mengingat kembali
  9. Meninjau kembali catatan

Dari aspek kemandirian belajar tersebut, dapatlah diwujudkan jikalau bentuk pembelajaran mandiri melalui pendidikan yang menarik, salah satunya menggunakan game edukatif yang dibuat dan dan lakukan oleh tenaga pendidik.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kemandirian belajar dan aspeknya lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Kemandirian Belajar”.

Rate this post