8 Pengertian Stres Menurut Para Ahli dan 5 Macam Gejalanya

Diposting pada
Pengertian Stress Menurut Para Ahli
Pengertian Stress Menurut Para Ahli

Berbicara tentang pengertian stres pada hakekatnya tidak terlepas dari segala bentuk aktivitas manusia, sebab setiap manusia selalu mengalami hal ini, baik remaja ataupun sudah dewasa. Untuk adanya gejalanya beranekaragam, dari mulai urusan rumah tangga, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini setidaknya akan menguraikan tentang pengertian stres dan tanda atau gejala stres.

Stres

Stres adalah bagian kondisi atau keadaan tubuh yang terganggu karena tekanan psikologis dan dapat mempengaruhi keadaan fisik seseorang. Selain itu, stres dapat pula diartikan secara umum dengan suatu kekuatan yang memaksa seseorang untuk berubah, bertumbuh, berjuang, beradaptasi atau mendapatkan keuntungan.

Pengertian Stres Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi stres menurut para ahli, antara lain;

  1. Sarafino (2006)

Stres menurutnya adalah suatu kondisi yang disebabkanadanya ketidaksesuaian antara situasi yang diinginkan dengan keadaan biologis, psikologis atau sistem sosial individu tersebut

  1. Agolla dan Ongori (2009)

Pengertian stres adalah suatu bentuk persepsi yang dialami oleh seseorang karena adanya kesenjangan antara kemampuan individu dan tuntutan lingkungan yang dialaminya.

  1. Santrock (2003)

Arti stres adalah suatu bentuk respon yang dialami oleh individu terhadap kejadian atau keadaan yang mengakibatkan seseorang merasa terancam, sehingga ia membalas dengan mengancam dan mengganggu orang lain, atas segala kemampuan seseorang untuk menanganinya.

  1. Baron dan Byrne (1997)

Menurutnya, definisi stres adalah respon terhadap persepsi kejadian fisik atau psikologis dari individu sebagai sesuatu yang potensial menimbulkan bahaya atau tekanan emosional.

  1. Yusuf (2004)

Menurutnya, stres adalah reaksi yang terjadi dalam fisik, yang bisanya didasari atas permasalahan   kehidupan yang telah dialaminya. Tentu dalam arti ini stres sangat berbeda dengan depresi.

  1. Ardani  (2007)

Menurutnya, stress adalah bagian daripada keadaan yang membuat seseorang meras tertekan, baik secara fisik ataupun psikologis.

  1. Richard  (2010)

Arti stres  secara umum adalah proses yang membuat seseorang menilai peristiwa atau keadaan sebagai  sesuatu yang dapat mengancam dan membahayakan pada dirinya.

  1. WHO (2003)

Stres adalah bagian daripada adanya reaksi yang akhirnya menjadi respon tubuh terhadap stressor psikososial sehingga menjadikan perwujutan daripada adanya tekanan mental ataupun beban kehidupan.

Macam Gejala Stres

Adapun untuk macam gejala yang menjadi ciri dari adanya stres. Antara lain;

  1. Tingkat emosional yang tinggi (pemarah)

Daniel Goleman mengungkapkan bahwa emosi adalah setiap kegiatan atau pergolakan perasaan, pikiran, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluapluap. Daniel juga mengatakan bahwa emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dari serangkaian kecenderungan untuk bertindak.

  1. Rentan Depresi

Suasana hati yang buruk yang berlangsung dalam kondisi tertentu sehingga  kehilangan motivasi untuk beraktivitas serta sering menyalahkan diri sendiri.

  1. Gelisah 

Keadaan dimana seseorang tidak bisa merasa tenang, selalu  merasa khawatir, terlihat kasak-kusuk dalam melaksanakan aktifitasnya.

  1. Cemas

Respon emosional terhadap penilaian yang menggambarkan  keadaan khawatir, takut, tidak tentram disertai berbagai keluhan fisik.

  1. Gangguan tidur 

Gangguan tidur menjadi salah satu tanda atau gelaja seseorang mengalami stres, ganguan tidur ini bisa menyebabkan pada suatu masalah terhadap tidur yang tidak merasa nyenyak atau nyaman.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian stres menurut para ahli dan gejala-gejala seseorang mengalami stres, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pengertian Stres”.

Rate this post