Pengertian Komprehensi Teks Lengkap

Diposting pada

InonesiaStudent.Com– Komprehensi teks barangkali menjadi suatu istilah yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Istilah ini memang jarang dikemukakan, akan tetapi pada dasarnya komprehensi teks menjadi salah satu sub pembelajaran dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang ada disetiap jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi.

Baca: Pengertian Tajuk Rencana Atau Editorial Menurut Para Ahli

Komprehensi teks atau biasanya disebut dengan pemahaman teks ialah salah satu inti dari seseorang dalam menyerap ilmu pengatahuan, pemahaman teks ini didapatkan setelah kita membaca buku, jurnal, atau karya tulis yang lainnya.

Adapun pengertian komprehensi teks secara sederhana adalah sebagai berikut;

Pengertian Komprehensi Teks


Komprehensi teks dapat diberi pengertian sebagai kemampuan membaca untuk memahami ide pokok, detail penting, dan seluruh pengertian. Pemahaman ini berkaitan erat dengan kemampuan mengingat bahan yang dibacanya. Komprehensi teks berkaitan erat dengan usaha memahami hal-hal penting dari teks yang dibaca.

Membaca dengan cara komprehensi teks bukanlah sebuah kegiatan yang pasif. Sebenarnya, pada peringkat yang lebih tinggi, membaca itu bukan sekadar memahami lambang-lambang tertulis, melainkan memahami, menerima, menolak, membandingkan, dan meyakini pendapat-pendapat yang ada dalam bacaan.

Sebagai upaya memperjelas pengertian komprehensi teks tersebut. Berikut ini indonesiastudents.com akan memberikan pengertian komprehensi teks menurut para ahli.

Pengertian Komprehensi Teks Menurut Para Ahli


Pengertian komprehensi teks menurut para ahli diantranya, ialah sebagai berikut;

Webster Collegiate Dictionary
Pengertian komprehensi teks adalah kapasitas pemikiran untuk memahami dan mengerti makna yang disampaikan oleh para ahli.

Rubin (1993:194)
Memberikan pengertian bahwa komprehensi teks adalah proses pemikiran yang kompleks untuk membangun sejumlah pengetahuan.

Dari pengertian komprehensif teks menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa komprehensif teks yaitu memahami informasi secara langsung yang ada dalam teks bacaan itu dan memahami informasi yang tidak secara langsung dalam teks.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian komprehensif teks, semoga dapat menambah wawasan sekaligus mampu menambah pengatahuan bagi siapapun yang sedang mencari arti komprehenisf teks atau pemahaman teks. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *