8 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli dan Contoh Komunitas

pengertian komunitas menurut para ahli

indonesiastudents.com– Istilah komunitas pada dasarnya berasal dari Bahasa Latin “communitas” yang memiliki suatu arti “kesamaan”, kemudian pengertian tersebut diturunkan dari communis yang artinya “sama, dibagi semua, dan publik (umum)”

Komunitas menjadi salah satu pelajaran penting yang harus diketahui oleh setiap orang, alasannya dengan berkomunitas seseorang dapat belajar bersosialisasi, menerima keanekaragaman, belajar tentang nilai, norma, dan lain sebaginya.

Baca: 11 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan definisi atau pengertian komunitas.

Pengertian Komunitas


Komunitas adalah sekelompok atau kumpulan orang yang saling berinteraksi ditempat yang sama dan mempunyai tujuan, harapan, dan cita-cita yang sama.  Sedangkan menurut Crow dan Allan, secara sistematis komunitas terbagi menjadi 3 uraian, yakni berdasarkan lokasi, minat, dan komuni (ide dasar yang melandasi terbentuknya komunitas).

Sedangkan menurut para ahli, pengertian komunitas adalah sebagai berikut;

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian komunitas adalah kelompok orang dan sebagainya yang hidup dan saling berinteraksi dalam tempat tertentu.

Wikipedia

Dalam Wikipedia, komunitas adalah bentuk asprirasi yang terlahir karena adanya  organisme dari berbagi bentuk lingkungan. Pada umunya komunitas memiliki habitat dan ketertarikan yang sama.

George Hillery Jr.

Arti komunitas adalah kumpulan dari setiap inividu yang tinggal di suatu daerah dan memiliki sejumlah hubungan untuk apat berinteraksi hingga membentuk jaringan sosial.

Christensson dan Robinson

Pengertian komunitas ialah inividu yang tinggal secara bersama untuk berkomunikasi hingga memiliki sejumlah ikatan di dalamnya.

Fairi

Menurutnya, pengertian komunitas adalah pertemuan setiap indiviu dalam masyarakat yang membentuk kelompok untuk dapat mengasirasikan berbagai kebutuhan di dalamnya.

Soenarno (2002)

Definisi  Komunitas adalah  identifikasi  dari sejumlah proses interaksi sosial yang didapatkan dari berbagai kebutuhan yang bersifat fungsional.

Kertajaya Hermawan (2008),

Makna komunitas adalah sekumpulan inividu yang membentuk kelompok karena adanya persamaan dan persepsi padangan.

Martin H. Neumeyer dan Loren O. Osbarn (1984)

Komunitas adalah lingkungan yang berada dalam diri seseorang, diluar keluarga.

Dari 8 pengertian komunitas menurut para ahli diatas dapat dikatakan jika komunitas adalah sekumpulan individu yang memiliki persamaan, baik tujuan atau harapan yang dinginkan. melalui pembentukan komunitas yang ada dalam masyarakat diharapkan dapat mengubah kebiasaan kesalahan dan membenarkan apa yang seharusnya dibenarkan. Sebagai contoh komunitas yang bisa dilakukan atau dibentuk oleh masyarakat adalah sebagai berikut;

Contoh Komunitas


Pembentukan komunitas Generasi Peduli Sampah (GPS) yang berusaha untuk membentuk kekolompok orang yang berinteraksi  di tempat yang sama dengan tujuan mencapai tujuan yang sama. GPS ini bisa dilakukan di Sekolah Dasar (SD) yang mempunyai rasa peduli terhadap lingkungan terutama terhadap pengolahan sampah.

Kepedulian siswa Sekolah Dasar (SD) sebagai generasi Indonesia terhadap lingkungan akan berdampak positif seperti dapat berpartisipasi secara aktif menciptakan lingkungan sehat.

Demikianlah ulasan atas pengertian komunitas menurut para ahli dan contohnya lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang akan membentuk atau berusaha melahirkan suatu “Komunitas”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Plastik dan Jenisnya Lengkap
  2. 6 Pengertian Plastik Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Dampak Negatif Sampah Beserta Penjelasannya Lengkap