Pengertian Crowdfunding dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Crowdfunding dan Penjelasan Crowdfunding

pengertian crowdfunding

indonesiastudents.com– Definisi mengenai crowdfunding pertama kali dijelaskan oleh Sullivan pada tahun 2006, namun istilah dan konsep crowdfunding menurut Hemer (2011), diambil dari istilah serupa yang sudah lebih dulu dikenal luas, yaitu crowdsourcing, (Istilah crowdfunding merupakan turunan dari istilah yang lebih popular yaitu crowdsourcing, yang menggambarkan proses alih daya (outsource) suatu pekerjaan kepada sejumlah individu, sekeruunan orang (komunitas intenet) dan mengandalkan pada aset, sumber daya, pengetahuan atau keahlian mereka.

Perlu dipahami bahwa dalam kasus crowdfunding, tujuanya adalah mendapatkan dana.  Crowdfunding memiliki perbedaan dengan dengan crowdsourcing dimana crodsourcing mengharapkan umpan balik, ide-ide dan saran untuk kepentingan proyeknya sementara crowdfunding dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana demi terlaksananya suatu proyek yang inovatif

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai pengertian crowdfundin.

Pengertian crowdfundin

Crowdfundin adalah upaya untuk melibatkan panggilan atau penawaran terbuka yang sebagaian besar dilakukan melalui Internet. Adapun untuk penyediaan sumber daya keuangan baik dalam bentuk sumbangan atau pertukran untuk produk masa depan (pembelian inden) atau bentuk penghargaan tertentu dan/atau hak jajak suara.

Dengan memahami pengertian crowdfundin tersebut dapatlah dijelaskan bahwa seseorang yang menggunakan sistem crowdfunding dapat menarik investor di Indonesia terutama investor akan lebih mudah mendapatkan dana untuk merealisasikan ide-ide kreatif yang dikeluarkan oleh sebagain orang.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian crowdfundin beserta penjelasannya lengkap. Semoga ulasan kali ini dapat membantu bagi siapapun yang sedang mencarai referensi tentang “crowdfundin” trimakasih, baca juga artikel lainnya;

  1. 8 Jenis-Jenis Esai Beserta Penjelasannya Langkap
  2. Pengertian Esai, Ciri-Ciri, Bagian dan Contohnya Lengkap
  3. 11 Pengertian Esai Menurut Para Ahli Lengkap
  4. Pengertian Fiksi, Jenis dan Contonya Lengkap