3+Pengertian Konflik Interpersonal dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Konflik Interpersonal dan Contoh Konflik Interpersonal

indonesiastudents.comKonflik pada dasarnya terbagi menjadi berabagai jenis, salah satu jenis konflik yang harus dipahami bagi setiap individu yang mengambil disiplin ilmu sosial, seperti hukum, sosiologi, ekonomi, atau lainnya ialah konflik interpersonal.

Baca: 7 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Sebagai uraian lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai “Konflik Interpersonal” yang dimulai dari pengertian konflik interpersonal dan contoh konflik interpersonal.

Pengertian Konflik Interpersonal


Konflik interpersonal adalah suatu pertentangan atau pertikaian yang terjadi antara individu dengan individu lain, konflik interpersonal tersebut biasanya diawali dengan perbedaan kepentingan. Sehingga menimbulkan kerugian yang bisa merusak tali persahabatan, persaudaraan, dan lainnya.
Adapun pengertian konflik interpersonal menurut para ahli antara lain sebagai berikut;

Pengertian Konflik Interpersonal Menurut Para Ahli


Ada beberapa tokoh yang memberikan arti konflik interpersonal, diantaranya;

Hunt and Metcalf (1996)

Menurutnya, definsini konflik interpersonal adalah konflik  interpersonal adalah suatu konflik yang terjadi antar individu, baik terjadi dalam satu kelompok ataupun dalam kelompok lain.

Donohue dan Kolt (1992)

Arti konflik interpersonal adalah keadaan individu yang saling bergantung dan terjadi pertikaian karena alasan kebutuhan dan keinginan dari masing individu tersebut.

Wilmot dan Hocker (2007)

Pengertian konflik interpersonal adalah pertentangan diantara dua pihak yang tidak sesuai karena adanya keterbatasan dan juga adanya gangguan dari orang lain untuk mencapai suatu tujuan yang mereka inginkan.

Sebagai penjelasan yang lebih terang, berikut bebera contoh konflik interpersonal.

Contoh Konflik Interpersonal


  1. Karena adanya perbedan jabatan antara satu dengan yang lainnya

  2. Karena munculnya perberbedaan bidang kerja
  3. Perbedaan status

Demikianlah ulasan mengenai pengertian konflik interpersonal dan contohnya menurut ahli. Semga ulasan ini dapat membantu sekaligus dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang sedang mengulas materi tentang “konflik interpersonal” Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel mengenai konflik lainnya juga;