Pengertian Konflik Intrapersonal dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Konflik Intrapersonal dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

indonesiastudents.com– Konflik  menjadi salah satu istilah penting yang ada dalam kehidupan manusia, istilah ini dipergunakan bagi individu atau kelompok yang berlawanan sehingga dapat mengakibatkan kerugian baik fisik atau non fisik.

Konflik sosial menurut beberapa ahli terbagi menjadi dua jenis, pertama ialah konflik intrapersonal (intrapersonal conflict) dan konflik interpersonal (interpersonal conflict) adapun untuk tulisan ini, indonesiastudents.com akan memberikan definisi, arti, atau pengertian konflik intrapersonal beserta contohnya. Baca Juga: Pengertian Konflik Interpersonal dan Contohnya

Pengertian Konflik Intrapersonal


Konflik Intrapersonal adalah pertentangan yang terjadi di dalam individu sendiri tanpa melibatkan orang lain di dalam permasalahnnya. Meskipun begitu konflik intrapersonal ini sangat berbahaya jika tidak diatasi lebih lanjut, alasannya kerana tidak dapat berkembang dengan baik sekaligus tidak mampu berfikir dengan baik.

Selanjutnya, pengertian konflik intrapersonal menurut para ahli salah satunya Hunt and Metcalf (1996). Mendefinisikan jika konflik intrapersonal ialah suatu konflik yang terjadi di dalam diri sendiri tanpa adanya keterlibatakan pihak lain. Oleh karenanya Hunt and Metcalf menambahkan jika konflik ini masuk dalam kategori konflik psikologis.

Contoh Konflik Intrapersonal


Sebagai pelengkap berikut contoh konflik intrapersonal, yang mudah kita pahami;

  1. Konflik intrapersonal terjadi jikalau keyakinan yang dianut oleh seseorang bertentangan dengan  nilai  budaya dalam masyarakat.
  2. Contoh lainnya, ketika seseorang memiliki keinginan namun keinginannya tersebut tidaklah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Demikianlah seputar ulasan mengenai pengertian konflik intrapersonal beserta contohnya, semoga dapat membantu bagi siapapun yang sedang mencari arti, definisi, makna, atau pengertian konflik intrapersonal. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya  juga;