7 Pengertian Konsumsi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Setiap kali seseorang dalam proses menjalani kehidupan pastilah takan terlepas dari kegiatan konsumsi, hal itu dikerenakan dengan melakukan konsumsi manusia dapat mempertahankan kehidupan yang ia jalankan. Konsumsi begitu familiar ditelinga kita bersama, akan tetapi tak jarang diantara kita kurang mengetahui makna atau pengertian konsumsi itu sendiri.

Sebagai upaya mempertegas pengertian konsumsi tersebut, tulisan pada indonesiastudents.com kali akan akan mencoba memberikan arti konsumsi. Secara sederhana pengertian konsumsi adalah sebagai berikut;

Pengertian Konsumsi


Konsumsi dapat diartikan sebagai kegiatan yang bertujuan mengurangi atau memanfaatkan daya guna benda, baik benda tersebut berupa barang ataupun jasa untuk memperoleh atau melengkapi kebutuhan hidup manusia sehar-hari.

Adapun untuk istilah konsumsi yang pada saat ini kita kenal, hakekatnya berasal dari Bahasa Belanda consumptie yang menurut para ahli memiliki makna atau pengertian sebagai berikut:

Irving Fisher
Memberikan pengertian konsumsi sebagai suatu bentuk pertimbangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Dimana pertimbangan tersebut berdasarkan kondisi yang terjadi dan juga kondisi yang akan datang.

Milton Friedman
Memberikan pengertian bahwa konsumsi adalah jumlah seseorang dalam membeli barang atau jasa yang sesuai dengan pendapatan seseorang yang dihasilkannya.

Chaney
Memberikan pengertian bahwa konsumsi adalah seluruh aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu Chaney juga mengungkapkan bahwa terjadinya konsumsi juga akan mendorong manusia lain untuk berinteraksi kepada sesamanya.

Durkhemian
Memberikan pengertian bahwa konsumsi adalah prilaku yang aktif dan tersusun secara kolektif karena adanya paksaan moral dan institusi untuk mempertahankan kehidupannya.

Braudrillard
Memberikan pengertian bahwa konsumsi adalah sistem yang dijalanakn oleh seseorang untuk bersatu dengan yang lainnya, melalui proses kegiatan yang dipandang untuk mempertahankan kehidupan yang dijalankan.

Weber
Sebagai tokoh yang dikenal dalam ilmu sosiologi ini,  max weber berpendapat bahwa konsumsi adalah selera yang menjadi pengikat kelompok untuk berkompetisi dalam bentuk penggunaan barang secara simbolik.

Gossen
Memberikan pengertian bahwa konsumsi adalah suatu kebutuhan individu atau kelompok yang wajib memenuhi sebagai ukuran memperoleh tingkat kepuasan.

7 pengertian konsumsi menurut para ahli yang berasal dari disiplin ilmu yang berebda, yaitu ekonomi dan sosiologi tersebut dapat ditararik kesimpulan bahwa konsumsi adalah suatu kegiatan pengeluaran yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi hajat hidupnya, proses memenuhi kebutuhan hidup tersebut sesuai dengan tingkat penghasilan yang di peroleh.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian konsumsi menurut para ahli, semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan kita bersama. Terutama menambah pengetahuan bagi siapapun yang sedang mencari pengertian konsumsi. Trimakasih, baca artikel lainnya;

 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *