7 Pengertian Norma Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Norma Sosial Menurut Para Ahli

Istilah norma sosial barangkali tak asing lagi ditelinga kita. Alasannya karena peristilahan norma sosial ini sendiri sebenarnya sudah diterapkan sejak seseorang dilahirkan. Sehingga atas dasar inilah, maka norma sosial sangat dekat dengan kehidupan kita, oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas lebih lengkap tentang pengertian norma sosial sebagiamana yang dikemukakan oleh para ahli.

Norma Sosial

Norma sosial adalah keteraturan yang menjadi ketentuan setiap individu dan kelompok dalam menjalankan kehidupannya. Prihal inilah sehingga sangatlah pantas jikalau norma sosial ini bisa mendorong sebagian besar masyarakat untuk bisa hidup sesuai dengan aturan yang ada.

Pengertian Norma Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi norma sosial menurut para ahli, antara lain:

  1. John J. Macionis, Pengertian bahwa norma sosial adalah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat untuk memandu perilaku anggota-anggotanya agar tidak keluar dari tujuan yang telah direncanakan.
  2. Robert Mz. Lawang, Norma sosial menurut sebagai bentuk gambaran mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas, sehingga mengindifikasikan bahwa norma sosial ialah sejumlah angggapan yang baik dan perlu dihargai sebagaimana mestinya.
  3. Hans Kelsen, Mengartikan norma sosial sebagai perintah yang tidak personal (publik) dan anonim.
  4. Soerjono Soekamto, Mengartikan norma sosial sebagai suatu bentuk perangkat agar hubungan antar masyarakat terjalin dengan baik.
  5. Isworo Hadi Wiyono, Mengartikan bahwa norma adalah berupa peraturan atau petunjuk hidup yang memberi ancar-ancar perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perubatan mana yang harus dihindari bersama.
  6. Antony Gidden, Mengartikan norma sosial adalah prinsip atau aturan konkret yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.
  7. Berpendidikan (2015), Mengartikan bahwa normal sosial berasal dari kata norma (norm) yang artinya suatu aturan yang diterapkan dalam setiap kehidupan masyarakat, meskipun tidak mengikat akan tetap aturan tersebut akan disertai dengan sanksi atau ancaman.

Dari penjelasan diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa norma sosial adalah pedoman perilaku untuk melangsungkan kehidupan bersama-sama dalam suatu kelompok masyarakat. Sehingga norma sosial dapat pula diartikan sebagai petunjuk atau patokan tata kelakukan yang dibenarkan dan pantas dilakukan saat menjalani kehididupan di masyarakat tertentu.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *