Pengertian Kontribusi, Jenis, dan Contohnya

Posted on

Kontribusi Adalah

Ketika Anda memberikan kontribusi, itu artinya Anda memberikan sesuatu-apakah itu uang Anda, harta benda, atau waktu Anda. Kontribusi bisa dilaukan dalam beragam bentuk, ada yang dapat diukur, misalnya ketika Anda menyumbang sejumlah uang untuk pembangunan masjid di lingkungan Anda, tapi ada pula kontribusi yang tidak begitu nyata atau tidak bisa dihitung, misalnya ketika seorang siswa mengangkat tangannya di kelas untuk mengajukan pertanyaan, dia memberikan kontribusi, karena jawaban atas pertanyaannya memperkaya pengalaman belajar siswa lainnya.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan kontribusi? Untuk memperjelas pemahaman kita tentang kontribusi, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, dan contoh kontribusi.

Kontribusi

Kontribusi bisa merujuk pada:

  1. Donasi
  2. Berbagi
  3. Pembayaran

Sistem pembayaran antara Pembayar dengan pembagian pembayaran kepada beberapa pihak dalam kewajiban serta tanggung jawab secara adil

  1. Publikasi di surat kabar, majalah, dan lain-lain
  2. Pemindahan dari konten audio atau video oleh broadcasters dalam masa untuk distribusi (misalnya link audio atau video untuk acara olahraga atau tempat ruang konser dengan broadcasters studio)
  3. Margin kontribusi dalam akuntansi analisis dan biaya

Secara sederhana, masyarakat awam banyak mengartikan kontribusi sebagai sumbangsih atau peran, atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Definisi kontribusi memang tidak terbatas pada pemberian bantuan yang hanya berupa uang saja, tapi juga bantuan dalam bentuk lain.

Misalnya bantuan tenaga, bantuan pemikiran, bantuan materi, dan segala macam bentuk bantuan yang bisa membantu suksesnya suatu kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama.

Istilah kontribusi kerap kali juga dihubungkan dengan kajian dalam ilmu manajemen, yaitu kontribusi dijadikan sebagai variabel independen (variabel x) yang mempengaruhi variabel dependen (variabel Y).

Pengertian Kontribusi

Kata “Kontribusi” berasal dari Bahasa Inggris “contribute”, “contribution”, yang berarti keikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri maupun sumbangan. Sehingga bisa dikatakan bahwa kontribusi dapat berupa materi atau tindakan.

Hal yang sifatnya materi misalnya seorang individu memberikan pinjaman terhadap pihak lain demi kebaikan bersama, sedangkan dalm bentuk tindakan misalnya berupa perilaku yang dilakukan oleh individu yang kemudian memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain.

Secara umum kontribusi dapat didefinisikan sebagai suatu keterlibatan yang diberikan oleh individu atau badan tertentu yang kemudian memposisikan perannya, sehingga dapat menimbulkan dampak tertentu yang bisa dinilai dari aspek sosial maupun aspek ekonomi.

Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli

Adapun definisi kontribusi menurut para ahli, antara lain:

Soerjono Soekanto

Kontibusi dapat didefiniskan sebagai bentuk iuran uang atau dana, bantuan tenaga, bantuan pemikiran, bantuan materi, dan segala macam   bentuk bantuan yang kiranya dapat membantu suksesnya kegiatan pada suatu forum, perkumpulan dan lain sebagainya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kontribusi ialah:

  1. Uang iuran (kepada perkumpulan dan sebagainya)
  2. sumbangan.

Jadi setiap orang bisa dikatakan berkontribusi jika terlibat atau melibatkan diri pada suatu kegiatan baik dalam posisinya sebagai tim kerja maupun karena jabatan yang diembannya selaku individu.

Kontribusi tersebut tidak berhenti pada satu jenis kegiatan atau aktivitas akan tetapi berkelanjutan meskipun tindakan yang dilakukan oleh individu tersebut beda dengan aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

Dany  H. (2006)

Kontribusi ialah suatu bentuk sumbangan berupa material (uang) yang dapat berupa sokongan atau sumbangan. Sumbangan ini dapat dilakukan secara kolektif seperti yang dilakukan dalam salah satu situs KitaBisa yang dikumpulkan dalam pembangunan masyarakat.

Yandianto (2000)

Kontribusi dapat dimaknai sebagai  kumpulan adanya uang iuran yang diperoleh dari anggota atau masyarkat yang bentuknya sumbangan. Sumbangan tersebut kemudian dikelola dan diharapkan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam masyarakat itu sendiri.

Guritno (2000)

Kontribusi ialah sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini dapat dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.

Kamus Ekonomi

Kontribusi merupakan sesuatu yang diberikan bersama-sama dengan pihak lain untuk tujuan biaya, atau kerugian tertentu atau bersama. Sehingga kontribusi disini dapat diartikan sebagai sumbangan yang diberikan oleh bidang pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Cambridge Dictionary

Kontribusi adalah sesuatu yang Anda sumbangkan atau lakukan untuk membantu menghasilkan atau mencapai sesuatu bersama dengan orang lain, atau untuk membantu membuat sesuatu berhasil.

Your Dictionary

Kontribusi adalah sesuatu yang Anda berikan atau sesuatu yang Anda lakukan yang membantu dalam mencapai hasil akhir.

Kontribusi juga memiliki definisi yang beragam tergantung masing-masing bidang yang memakai istilah tersebut, diantaranya yaitu:

Dalam bidang Akuntansi

Kontribusi didefinisikan sebagai jumlah yang tersisa setelah (variabel) langsung biaya dikurangkan dari pendapatan penjualan. Dalam hal ini, kontribusi juga disebut sebagai pendapatan kotor, jumlah ini membayar langsung biaya (tetap) dan memberikan kontribusi untuk laba bersih.

Dalam bidang Asuransi

Kontribusi didefinisikan sebagai berbagi proporsional kerugian oleh perusahaan asuransi ketika lebih dari satu kebijakan yang diambil oleh yang bertanggung jawab untuk bahaya yang sama. Berdasarkan kontrak ganti rugi, ter-tanggung tidak mendapatkan keuntungan dari nya kerugian terlepas dari jumlah kebijakan.

Dari segi Hukum

Kontribusi merupakan hak debitur bersama (atau pelaku kerugian bersama) yang membayar seluruhnya utang (atau kewajiban) untuk pulih dari debitur lainnya bersama (atau kerugian bersama) saham masing-masing dari utang (atau kewajiban).

Jenis Kontribusi

Pada dasarnya terdapat beragam macam kontribusi tergantung penggunaan istilah tersebut dalam bidang yang bersangkutan. Kali ini, artikel ini akan secara spesifik mengkaji jenis-jenis kontribusi kaitannya dengan kontribusi seorang anggota dalam sebuah komunitas.

Anda harus bekerja dengan gila-gilaan untuk mendorong anggota untuk membuat banyak kontribusi (investasi pribadi kecil) pada komunitas Anda. Semakin banyak investasi yang Anda lakukan untuk meyakinkan anggota Anda, semakin banyak mereka akan berpartisipasi dan membantu membuat komunitas berhasil. Ini karena tidak ada yang mau merasa mereka menyia-nyiakan investasi mereka.

Ada empat jenis kontribusi yang dapat diberikan, yaitu waktu, energi, emosi, dan uang. Berikut penjelasannya masing-masing:

Waktu

Semakin banyak waktu yang dihabiskan anggota dalam suatu komunitas, semakin mereka ingin sukses. Ini tumpang tindih secara signifikan dengan energi, tetapi dengan beberapa perbedaan.

Energi

Ini adalah upaya yang dilakukan anggota dalam komunitas. Misalnya anggota yang telah menulis banyak posting, membantu membuat konten, mengatur acara atau secara aktif menyumbangkan sesuatu kepada komunitas.

Emosi

Tidak ada yang ingin merasa mereka tidak berhasil karena apa pun. Membangkitkan reaksi emosional yang kuat adalah investasi yang dilakukan pada komunitas Anda.

Uang

Jika Anda dibayar untuk menghadiri suatu acara, memiliki URL khusus, membeli emas. Anda akan bekerja keras untuk membuat komunitas sukses.

Contoh Kontribusi

Kontribusi dapat diwujudkan dalam berbagai hal. Berikut ini beberapa contoh kontribusi, diantaranya yaitu:

Kontribusi mahasiswa untuk masyarakat

Sebagai mahasiswa ada banyak kontribusi yang dapat diberikan untuk masyarakat, meskipun tak dapat dipungkiri bahwa kontribusi paling penting yang harus dilakukan mahasiswa yaitu belajar dan mengasah kemampuannya sebaik mingkin sesuai bidangnya, sehingga nantinya dapat mengimplementasikan ilmunya dalam masyarakat dan memberi manfaat bagi orang banyak dan dirinya sendiri.

Seorang mahasiswa harus bisa berkontribusi dengan mengandalkan kemampuan intelektual yang dimiliki untuk dapat memberi perubahan kondisi masyarakat ke arah yang lebih baik. Selain itu mahasiswa juga bisa berkontribusi sebagai alat kontrol sosial, dimana mahasiswa mempunyai keleluasaan untuk memberi kendali dan kritik terhadap pemerintah maupun masyarakat di saat terjadi pelanggaran dan ketidakadilan yang merugikan masyarakat.

Kontribusi sosial perusahaan untuk masyarakat

Kontribusi sosial perusahaan untuk masyarakat dikenal dengan Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

CSR merupakan suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya), perusahaan mempunyai berbagai bentuk tanggung jawab kepada seluruh pemangku kepentingan, yang di antaranya yaitu konsumen, karyawan, pemegang saham, dan komunitas serta lingkungan dalam berbagai aspek operasional perusahaan yang meliputi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa CSR sebagai kontribusi perusahaan pada tujuan pembangunan berkelanjutan yang dilakukan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingan.

Kontribusi sebagai warga negara yang untuk bangsa Indonesia

Meskipun kata kontribusi untuk bangsa terdengar sebagai hal yang berat sekaligus sulit untuk dilakukan, tapi hal itu bukan tidak bisa kita lakukan. Tidak harus melalui gerakan-gerakan yang besar dan melibatkan banyak orang, tapi sebenarnya kontribusi tersebut dapat kita lakukan melalui hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari kita.

Adapun hal-hal yang dapat kita lakukan sebagai bentuk kontribusi kita untuk bangsa Indoensia, diantaranya yaitu:

  1. belajar dengan sungguh-sungguh dan berprestasi sesuai bidangnya;
  2. tidak menyebarkan berita yang hoax
  3. berguna bagi lingkungan
  4. mengembangkan pemikiran kritis
  5. berprestasi di kancah internasional
  6. menjadi paskibraka

Itulah tadi artikel yang membahas tentang pengertian kontribusi menurut para ahli, jenis, dan contoh di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta refrensi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,