Pengertian Energi, Jenis, dan Contohnya

Posted on

Energi Adalah

Pernahkah Anda membayangkan jika suatu pagi setelah Anda bangun dari tidur Anda tidak memiliki energi (mungkin karena kurang tidur karena bergadang), maka mungkin Anda akan merasa tidak ingin bangun dari tempat tidur, bergerak atau melakukan hal-hal yang seharusnya Anda lakukan.

Sebaliknya, jika Anda memiliki banyak energi, setelah terbangun Anda akan bersiap untuk melakukan berbagai aktivitas. Berdasarkan ilustrasi tersebut, menurut Anda apakah yang dimaksud dengan energi?. Meskipun definisi energi dalam hal ini adalah untuk konteks kehidupan sehari-hari (bukan definisi ilmiah), tapi pada dasarnya definisi energi ini memiliki banyak kesamaan dengan definisi energi yang lebih formal.

Secara khusus, energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan-yang untuk tujuan biologi, dapat dianggap sebagai kemampuan untuk menyebabkan semacam perubahan. Untuk memperluas pengetahuan kita tentang energi, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, dan contoh energi.

Energi

Dalam fisika, energi diartikan sebagai kapasitas untuk melakukan pekerjaan, dengan kata lain energi adalah sifat kuantitatif yang harus ditransfer ke objek untuk melakukan pekerjaan. Setelah ditransfer, energi selalu ditentukan sesuai dengan sifatnya.

Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi dapat dikonversi dalam bentuk, tetapi tidak diciptakan atau dihancurkan. Satuan untuk energi adalah joule, yang merupakan energi yang ditransfer ke suatu benda dengan cara memindahkannya sejauh 1 meter melawan gaya 1 newton.

Organisme hidup membutuhkan energi yang tersedia untuk tetap hidup, seperti energi yang manusia dapatkan dari makanan.

Peradaban manusia membutuhkan energi agar berfungsi, yang diperolehnya dari sumber daya energi seperti bahan bakar fosil, bahan bakar nuklir, atau energi terbarukan. Proses iklim dan ekosistem dalam pengertian bumi digerakkan oleh energi radiasi yang diterima Bumi dari matahari dan energi panas bumi yang terkandung di dalam bumi.

Pengertian Energi

Kata “Energi” berasal dari bahasa Yunani “energeia” yang artinya “aktivitas, operasi“. Secara khusus kata energi merujuk pada kekuatan yang berasal dari sumber seperti panas atau listrik, dan kemampuan sumber seperti panas atau cahaya untuk melakukan pekerjaan.

Dalam fisika, erg adalah satuan sentimeter-gram-detik yang digunakan untuk mengukur jumlah energi atau jumlah pekerjaan yang dilakukan.

Sedangkan secara umum, kata energi mengacu pada konsep yang dapat diparafrasekan sebagai “potensi untuk menyebabkan perubahan“, dan oleh karena itu orang dapat mengatakan bahwa energi adalah penyebab dari setiap perubahan.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Adapun definisi energi menurut pendapat para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Campbell, Reece, dan Mitchell, Energi ialah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Secara singkat, energi dapat diartikan sebagai kapasitas atau kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan.
  2. Michael J. Moran, Energi ialah konsep dasar termodinamika yang menjadi salah satu aspek penting dari analisis teknis.
  3. Aip Saripudin, Energi ialah kemampuan untuk melakukan bisnis.
  4. Einstein, Energi ialah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.
  5. Collins Dictionary, Menurutnya arti energi adalah sebagai berikut;
  • Energi adalah kemampuan dan kekuatan untuk melakukan hal-hal fisik yang aktif dan perasaan bahwa seseorang penuh dengan kekuatan fisik dan kehidupan.
  • Energi adalah tekad dan antusiasme untuk melakukan sesuatu.
  • Energi adalah daya dari sumber seperti listrik dan batu bara yang membuat mesin bekerja atau menyediakan panas.

Jenis Energi dan Contohnya

Jenis energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori besar, yaitu energi kinetik (energi dari benda bergerak) dan energi potensial (energi yang disimpan). Ini adalah dua bentuk energi dasar. Dua jenis energi tersebut terbagi menjadi beberapa bentuk energi. Berikut ini penjelasan masing-masing jenis energi tersebut:

Energi Kinetik

Ketika suatu benda bergerak, ada energi yang terkait dengan benda itu. Mengapa demikian? Benda bergerak mampu menyebabkan perubahan, atau, dengan kata lain, melakukan pekerjaan.

Energi kinetik adalah energi gerak, yang dapat diamati sebagai gerakan suatu benda, partikel, atau kumpulan partikel. Setiap benda yang bergerak menggunakan energi kinetik: seseorang berjalan, bola baseball yang dilemparkan, remah yang jatuh dari meja, dan partikel bermuatan di medan listrik adalah semua contoh energi kinetik yang sedang bekerja.

Energi kinetik memiliki 5 bentuk, berikut ini penjelasan dari masing-masing bentuk energi kinetik:

Energi mekanik

Energi mekanik adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan suatu benda atau zat dari satu tempat ke tempat lain. Energi mekanik adalah jumlah energi potensial dan kinetik dalam suatu objek yang digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Objek yang memiliki energi mekanik memiliki energi kinetik dan potensial, meskipun energi salah satu bentuknya mungkin sama dengan nol. Mobil yang bergerak memiliki energi kinetik. Jika Anda memindahkan mobil ke atas gunung, ia memiliki energi kinetik dan potensial.

Contoh: Selain contoh dari mobil yang bergerak tersebut, contoh lain dari adanya energy mekanik adalah pada angina; sebuah bola yang dilemparkan; seseorang yang berlari; seekor ikan yang berenang.

Energi listrik

Energi listrik adalah jenis energi kinetik yang disebabkan oleh pemindahan muatan listrik. Jumlah energi listrik tergantung pada kecepatan muatan – semakin cepat bergerak, semakin banyak energi listrik yang dibawanya.

Coba bayangkan muatan listrik diwakili oleh bola yang dilemparkan ke jendela. Jika Anda tidak melempar bola dengan sangat cepat, itu tidak akan memiliki energi yang cukup untuk memecahkan jendela. Tetapi jika Anda melempar bola lebih cepat, itu akan memiliki lebih banyak energi dan akan dapat menembus jendela.

Dalam aki mobil, reaksi kimia menciptakan elektron yang memiliki energi untuk bergerak dalam arus listrik. Muatan bergerak ini memberikan energi listrik ke sirkuit di mobil.

Contoh: Petir adalah contoh energi listrik – yang bisa kita lihat adalah listrik di atmosfer yang dilepaskan; Belut listrik juga menghasilkan energi listrik, yang mereka gunakan untuk bertahan melawan pemangsa dan untuk membuat mangsa mereka pingsan.

Energi panas

Pengertian energi panas adalah energi yang berasal dari suatu zat yang molekul dan atomnya bergetar lebih cepat karena kenaikan suhu. Molekul dan atom yang membentuk materi bergerak sepanjang waktu. Ketika suatu zat memanas, kenaikan suhu membuat partikel-partikel ini bergerak lebih cepat dan saling bertabrakan. Semakin panas zat, semakin banyak partikelnya yang bergerak, dan semakin tinggi energi termal atau panasnya.

Contoh: Panas yang berasal dari sinar matahari; Secangkir kopi panas memiliki energi panas. Memanggang dalam oven juga dapat menghasilkan energy panas.

Energi radiasi

Energi radiasi adalah energi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat melakukan perjalanan melalui ruang angkasa. Radiasi elektromagnetik terdiri dari partikel-partikel kecil yang disebut foton. Energi cahaya adalah bentuk energi radiasi yang terlihat oleh mata manusia.

Matahari menghasilkan banyak energi radiasi, yang ditransmisikan ke Bumi sebagai cahaya. Tumbuhan mengubah energi elektromagnetik dari sinar matahari menjadi energi kimia untuk makanan mereka, melalui proses yang disebut fotosintesis.

Contoh: Segala bentuk cahaya memiliki energi elektromagnetik, termasuk bagian spektrum yang tidak dapat kita lihat, misalnya yaitu sinar gamma, sinar-x, gelombang mikro, dan sinar ultraviolet.

Energi suara

Suara adalah pergerakan energi melalui suatu zat – seperti udara atau air – dan disebabkan oleh getaran. Padatan, cairan dan gas mentransmisikan suara sebagai gelombang.

Energi suara adalah pergerakan energi melalui suatu zat dalam gelombang. Energi suara dihasilkan ketika suatu kekuatan menyebabkan suatu benda atau zat bergetar. Energi tersebut kemudian ditransfer melalui zat dalam gelombang, yang disebut gelombang suara.

Energi suara bergerak dalam bentuk gelombang. Tidak seperti energi cahaya, suara tidak dapat berjalan melalui ruang hampa, karena tidak ada atom untuk mengirimkan getaran.

Contoh: Suara yang keluar dari pita suara Anda; suara bom atau ledakan lainnya, lagu yang diputar di stereo.

Energi potensial

Energi potensial merupakan energi tersimpan yang tergantung pada posisi relatif berbagai bagian suatu sistem. Pegas memiliki lebih banyak energi potensial ketika dikompresi atau diregangkan. Bola baja memiliki lebih banyak energi potensial yang dinaikkan di atas tanah daripada setelah jatuh ke Bumi. Dalam posisi terangkat ia mampu melakukan lebih banyak pekerjaan.

Energi potensial muncul dalam sistem dengan bagian-bagian yang mengerahkan kekuatan satu sama lain besarnya tergantung pada konfigurasi, atau posisi relatif, dari bagian-bagian tersebut.

Energi potensial memiliki 4 bentuk, berikut ini penjelasan dari masing-masing bentuk energi potensial:

Energi kimia

Energi kimia disimpan dalam ikatan yang menghubungkan atom dengan atom lain dan molekul dengan molekul lain. Karena energi kimia adalah energy yang disimpan, itu adalah bentuk energi potensial.

Ketika reaksi kimia terjadi, energi kimia yang tersimpan dilepaskan. Panas sering dihasilkan sebagai produk sampingan dari reaksi kimia – ini disebut reaksi eksotermik. Energi kimia adalah jenis energi yang paling banyak digunakan di dunia, karena sangat penting bagi keberadaan manusia.

Contoh: Energi kimia tersimpan dapat ditemukan pada biomassa; batu bara; baterai.

Energi nuklir

Energi nuklir berasal dari inti atom. Energi dilepaskan oleh fusi nuklir (inti menyatu bersama) atau fisi nuklir (inti terbelah). Pembangkit nuklir menggunakan fisi nuklir dari unsur radioaktif yang disebut uranium untuk menghasilkan listrik. Atom  adalah partikel yang membentuk setiap objek di alam semesta – terdiri dari neutron, proton, dan elektron. Mereka mengandung nukleus, sebagai sumber energi nuklir.

Contoh: Fisi nuklir, fusi nuklir, dan peluruhan nuklir. Adapun contoh spesifik dari energy ini adalah peledakan atom atau kekuatan dari pembangkit nuklir

Energi gravitasi

Energi gravitasi adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda karena tingginya di atas Bumi (Misalnya: Jika ia berada lebih jauh atau lebih dekat ke tanah). Ini adalah bentuk energi potensial.

Gravitasi adalah kekuatan yang mencoba menarik dua benda ke arah satu sama lain. Gravitasi bumi adalah apa yang membuat Anda tetap di tanah dan apa yang menyebabkan benda jatuh. Bumi memiliki gravitasi. Gravitasi memegang segalanya dekat dengan planet ini. Bahkan tubuh kita sendiri memiliki gravitasi. Gravitasi Bumi jauh lebih kuat dari kita sehingga kita tidak memperhatikan gravitasi yang dimiliki tubuh kita.

Contoh: Air disimpan di bendungan; roller coaster; skateboard di puncak tanjakan.

Energi elastis

Energi elastis adalah energi yang tersimpan dalam suatu objek ketika ada regangan sementara pada objek tersebut – seperti pada pegas melingkar atau pita elastis yang diregangkan.

Energi disimpan dalam ikatan antar atom. Ikatan menyerap energi ketika mereka berada di bawah tekanan dan melepaskan energi saat mereka rileks (ketika objek kembali ke bentuk aslinya).

Apa yang menyebabkan energi elastis? Suatu gaya yang bekerja pada suatu objek dapat menyebabkannya untuk sementara mengubah bentuknya, seperti ketika Anda merentangkan karet gelang, atau meremas bola yang licin dengan tangan Anda.

Ketika ini terjadi, energi elastis dapat disimpan dalam objek, siap untuk dilepaskan ketika objek kembali ke bentuk aslinya – ketika Anda melepaskan karet gelang, atau longgarkan cengkeraman Anda pada bola yang licin.

Energi elastis disimpan dalam ikatan antara atom-atom dalam suatu benda atau zat. Ikatan ini menyerap energi ketika mereka stres, dan melepaskan energi itu saat mereka rileks.

Contoh: Seperti yang telah kita lihat, energi elastis dapat ditemukan dalam hal-hal seperti pita elastis, bola licin, busur dan anak panah, dan pegas melingkar. Itu juga dapat ditemukan di ketapel dan ketapel. Baca jugaPengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli dan Contohnya

Itulah tadi pengulasan secara lengkapnya materi terkait dengan pengertian energi menurut para ahli, jenis, dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga tulisan ini memberikan refrensi kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,