10 Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli dan Contoh Kreatif

pengertian kreatif

indonesiastudents.com– Kreatif menjadi salah satu istilah yang familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kreatif bahkan sangatlah diperlukan bagi suatu pemecahan masalah atau menuntaskan dan menemukan solusi baru dari yang sudah ada.

Baca: 5 Pengertian Modal Sosial dan Contohnya

Meskipun begitu tak jarang diantara masyarkat Indonesia kurang mengerti tentang arti kreatif, atau bertanya dalam hati. Apa sih itu kreatif?. Sebagai ulasan lebih lanjut berikut, indonesiastudents.com akan menjabarkan tentang pengertian kreatif.

Pengertian Kreatif


Kreatif adalah kemampuan seseorang atau sekelompok untuk memberi solusi baru atas berbagai permasalan yang dialami. Kreatif atau kratifitas dapat memberikan dampak positif, salah satunya ialah mampu memberikan pandangan berbeda dari yang sudah ada sehingga atas kemampuannya tersebut ia diperlukan disetiap problema kehidupan.

Adapun sebagai pelengkap mengenai pengertian kreatif, berikut indonesiastudents.com juga akan mengulas tentang arti kreatif menurut para ahli.

Pengertian Kratif Menurut Para Ahli


Abdul (2010)

Menurutnya, kreatifitas adalah lambang mental dan psikologi yang sehat, kreatifitas berhubungan kait dengan keseluruhan daripada konsep keharmonian, kejujuran, keikhlasan, penglibatan personal, semangat, ketinggian motovasi dan tindakan

Soenarno dan Dick (2010)

Arti kreatif adalah sumber sebuah karya yang spektakuler, permainan ini mengarkan bagaimana suatu ide kreatif di tuangkan dan bisa menjadi karya yang indah.

Shadiq (2010).

Definisi kreatif merupakan cara memunculkan suatu konsep atau metode baru untuk sebuah kemajuan, ketika ide kreatif muncul dalam angan-angan segeralah untuk memprosesnya dalam pikiran kita, kemudian ide-ide kreatif itu akan dapat kita wujudkan sesegera .

Al-Uqsari (2005)

Pengertian kreatif adalah meningkatkan akal dan menguatkan kemampuannya untuk berfikir kreatif, akal merupakan alat yang dengannya kita mampu menghubungkan serta menentukan ide-ide, benda-benda, dan kejadian-kejadian yang berlangsung disekitar kit.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Memberikan pengertian kreatif sebagai upaya seseorang untuk memiliki daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan yang bersifat pemikiran atas daya cipta, seperti pekerjaan yang  menghendaki kecerdasan ataupun imajinasi.

Widyatun (1999)

Menurutnya, kretaif ialah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah yang bertujuan untuk berkembang.

James R. Evans (1994)

Menurutnya, kreatif adakah suatu kemampuan untuk menentukan pertalian baru (new), dalam melihat subjek dari perspektif baru, sehingga hal tersebut akan menentukan kombinasi-kombinasi dari sebuah konsep yang telah tercetak dalam pikiran

Havvel (1962)

Definisi kretaif menurutnya adalah suatu kemampuan seseorang untuk membuat sistem atau kombinasi yang masih bersifat baru.

Aderos (1996)

Menurutnya, keratif adalagh suatu kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai solusi atas permasalah yang dialami. Ia menambaakan, bahwa kreatif muncul dari pengalaman yang sudah ia lakukan dengan peramasalahan yang sama.

Conny

Menurutnya, pengertian kreatif adalah kemampuan seseorang untuk memberikan solusi baru atas permasalahan yang dialaminya.

Baca Juga: Kumpulan Artikel PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)

Dari 10 pengertian kreatif menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwasanya keratif atau kreatifitas merupakan suatu kemampuan berpikir seseorang atas tindakan yang dimiliknya sehinggai bertujuan untuk mencari solusi.

Sebagai upaya memperjelas maksud dari keratif tersebut, dalam tulisan ini pula akan diberikan contoh kreatif. Berikut contoh keratif;

Contoh Kreatif


  • Ketika menontoh televisi tentaunya kita sering melihat para host memaparkan berabagai masalah selain itupula dalam tindakannya ia selalu mengajak kepada penonton untuk berpartisipasi, dalam memaparkan tersebut kemudian diselingin dengan guyonan atau gurauan (guyonan atau guraun yang dikeluarkan bisa dikatakan sebagai contoh kretaif)

  • Contoh kreatif lainnya, misalnya saja adalah kemampuan seseorang untuk berwirausaha, berwirausaha dari barang-barang bekas atau limbah yang sudah tidak memiliki nilai guna.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian kreatif dan contohnya. Semoga ulasan ini dapat beramnfaat bagi para pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “kreatif”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;