Pengertian Luka Bakar Menurut Para Ahli, 3 Tanda dan Gejalanya

Diposting pada

Pengertian Luka Bakar Menurut Para Ahli

Perkembangan zaman yang diiringi dengan pesatnya perkembangan teknologi memunculkan sejumlah resiko kecelakaan yang berbahaya bagi beragam pengguna teknologi.

Salah satu resiko kecelakaan yang sering terjadi adalah luka bakar yang diakibatkan oleh kelalaian manusia seperti terkena panas, listrik, zat kimia, gesekan, atau radiasi. Luka bakar merupakan masalah yang memerlukan penanganan khusus.

Luka Bakar

Luka bakar pada hakikatnya menyebabkan adanya kematian yang disebabkan oleh kegagalan organ multi sistem. Awal mula terjadi kegagalan organ multi sistem yaitu terjadinya kerusakan kulit yang mengakibatkan peningkatan pembuluh darah kapiler, peningkatan ekstrafasasi cairan (H2 O, elektrolit dan protein), sehingga mengakibatkan tekanan onkotik dan tekanan cairan intraseluler menurun.

Pengertian Luka Bakar Menurut Para Ahli

Adapun definisi luka bakar menurut para ahli, antara lain;

  1. Moenajat (2001)

Luka bakar adalah rusak atau hilangnya suatu jaringan yang biasa disebabkan karena adanya kontak dengan sumber panas seperti halnya kobaran api di tubuh (flame), terkena air panas (scald), jilatan api ketubuh (flash), tersentuh benda panas, akibat sengatan listrik, akibat bahan yang mengandung unsur kimiawi, serta bisa juga disebabkan karena adanya sengatan sinar matahari yang ektra panas.

Tanda dan Gejala Luka Bakar

Adapun untuk gejala dan tanda menegnai luka bakar, Menurut Wong and Whaley’s 2003, antara lain memiliki 3 grade atau tiga tingkatan. Yaitu sebagai berikut;

  • Grade I

Gejala yang akan dialami oleh penderita luka bakar pada tingkatan ini terjadi apabila epidermis (kulit bagian luar), kulit kering kemerahan dan hanya nyeri sekali. Luka bakar dalam tingakatan ini akan sembuh dalam kurun waktu 3 sampai dengan 7 hari dan tidak ada jaringan parut yang di alaminya.

  • Grade II

Gejala yang akan dilalalui pada tingkatan kedua ini biasanya ditunjukkan dengan adanya jenis-jenis atau bentuk kerusakan pada epidermis (kulit bagian luar) dan juga kulit bagian dalam. Dalam penjelasan lebih lanjut, terdapat vesikel (benjolan berupa cairan atau nanah) dan oedem sub kutan (adanya penimbunan dibawah kulit), luka merah dan basah, mengkilap, sangat nyeri, sembuh dalam 21 – 28 hari tergantung komplikasi infeksi.

  • Grade III

Gejala yang terjadi pada tingkatan ini ditunjukkan dengan adanya kerusakan pada semua lapisan kulit, nyeri tidak ada, luka merah keputih-putihan (seperti merah yang terdapat serat putih dan merupakan jaringan mati) atau hitam keabu-abuan (seperti luka yang kering dan gosong juga termasuk jaringan mati), tampak kering, lapisan yang rusak tidak sembuh sendiri (perlu skin graf).

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian luka bakar menurut para ahli Lengkap. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat bermanfaat bagi seganap pembaca yang ingin atau sedang mencari refrensi dari “Luka Bakar”.

Rate this post