6 Pengertian Manajemen Publik Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Manajemen Publik Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen publik sangatlah penting bagi seseorang yang sedang mengabil disiplin Ilmu administrasi Negara atau disiplin ilmu administrasi publik. Alasannya karena dengan mengetahuai pengertian atau defensini majement publik tersebut kita akan mengetahui kedudukan menejemen publik di dalam suatu Negara.

Adapun defenisi atau pengertian manajem publik sebenarnya lebih menekankan pada bentuk implementasi yang berupa penerapan model, teori, metode, teknik, serta cara untuk mencapai suatu tujuan secara efisien dan efektif.

Pengertian Manajemen Publik Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen publik menurut para ahli yang akan disebutkan tergantung latar belakang pendidikan, pengalaman, atau perspektif yang dianut oleh para ahli tersebut. Diantarnya pengertian manajemen publik adalah sebagai berikut:

  1. Manajemen Publik Menurut Shafritz dan Russel (dalam Kebab, 2008:93) diartikan sebagai upaya seseorang untuk bertanggungjawab dalam menjalankan suatu organisasi, dan pemanfaatan sumber daya (orang dan mesin) guna mencapai tujuan organisasi.
  2. Menurut Donovan dan Jackson (1991:11-12) menejemen  publik diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan dengan serangkaian keterampilan (skill).
  3. Menurut Yeremias T. Keban mengartikan manajemen publik sebagai upaya untuk menunjuk pada manajemen instansi pemerintah
  4. Menurut Ott, Hyde dan Shafritz (1990) mengartikan bahwa manajemen publik adalah upaya untuk memfokuskan pada bagaimana organisasi publik mengimplementasikan kebijakan publik yang telah disepakati bersama.
  5. Menurut Overman (1984 ) manajemen publik adalah sebuah penelitian interdisipliner dalam organisasi dan merupakan perpaduan dari perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian fungsi manajemen.
  6. Menurut Nor Ghofur (2014) Mengartikan bahwa manajemen publik adalah manajemen pemerintah, yang artinya manajemen public juga bermaksud untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Dari penjelasan para ahli yang telah mengemukakan pengertian manajemen publik di atas dapat disimpulkan bahwasanya menejemen publik ialah studi interaisipliner dari aspek umum organisasi, dan merupakan gabungan antara fungsi menejemen seperti, planning, organizing, actuating, dan controlling dengan sumber daya manusia, keuangan, pisik, informasi, dan publik.

Demikianlah pengertian lengkap manajemen publik menurut para ahli, semoga tulisan ini dapat membantu terutama bagi pembaca yang sedang mencari beberapa pengertian majanemen publik dan ingin mengulasnya lebih mendalam. Semoga

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *