4 Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

kontribusi adalah

Kontribusi menjadi salah satu istilah yang sangat sering kita dengarkan di dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupn bermasyarakat, organisasi, maupun kehidupan dalam lingkungan kerja. Kotribusi menjadi hal pokok dalam sitem perekonomian dan juga sistem pemberdayaan dalam masyarakat. Oleh karena itulah tulisan ini akan menjelasakan tentang pengertian kontribusi.

Kontribusi

Kontribusi adalah sumbangan. Hal ini sebagimana yang dijelasakan oleh KBBI yang memberikan arti kontribusi sebagai sumbangan, secara langsung definisi ini bisa diberi makna sebagai apa yang bisa diberikan secara nyata, umumnya kepada bangsa dan negara.

Kontribusi yang diberikan bisa mencangkup masyarakat, pemuda,  di dalam melakukan pemberdayaan dalam masyarakat. Bahkan kontribusi juga bisa dilakukan salah satunya di bidang pendidikan. Dimana pendidikan saat ini, para pengajarnya masih didominasi generasi 60–70an. Padahal di zaman yang modern seperti sekarang, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi sangat pesat. Selengkapnya, baca; Pengertian Pemuda Menurut Para Ahli

Para pengajar kita tidak memiliki kecakapan penggunaan iptek terbarukan dan informasi aktual atau biasa dikenal dengan istilah kolot. Hal demikian perlu dibenahi agar kita tidak kalah bersaing dengan bangsa lain. Oleh karena itu, pemuda harus mengambil peran menyelesaikan permasalahan ini.

Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli

Definisi kontribusi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Dany  H. (2006 )

Kontribusi dalam pemahamannya,  definisi kontribusi adalah suatu bentuk sumbangan berupa material (uang) yang bisa sokongan atau sumbangan. Sumbangan ini bisa dilakukan dengan kolektif seperti yang dilakukan dalam salah satu situs KitaBisa yang dikumpulkan dalam pembangunan masyarakat.

Yandianto (2000)

Makna kontribusi adalah  kumpulan adanya uang iuran yang di dapatkan dari anggota atau masyarkat yang bentuknya sumbangan. Sumbangan ini kemudian dikelola dan diharapkan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam masyarakat itu sendiri.

T. Guritno (2000)

Menuruntnya pengertian kontribusi adalah  sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.

Dari pengertian kontribusi yang disampaika jikalau dikaitkan dengan adanya tahun 2045, dimana Indonesia akan mendapat bonus demografi yang jumlah usia kerja (15 – 64 tahun) sangat tinggi sekitar 65% dari total populasi tentunya banyak hal yang bisa dilakukan untuk berkontrubusi terhadap hal-hal yang memang bisa menuntaskan berbagai masalah pelik, seperti korupsi yang semakin merajalela, kemiskinan, kualitas pendidikan yang rendah, serta permasalahan sosial seperti contoh konflik sosial horizontal antar masyarakat, peredaran narkoba, kekerasan sosial, dan berbagai bentuk kriminalitas lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu pembenahan di berbagai bidang, oleh karena itu kontribusi dalam kebaikan sangatlah diperlukan.

Contoh Kontribusi dalam Masyarakat

Contoh yang diberikan dalam memperelasan kontribusi ini misalnya saja ketika di daerah-daerah di Indonesia yang terkenal bencana alam. Pengertian bencana alam ini ialah bencana yang disebebkan karena kerusakan sumber daya alam, misalnya saja ketika di Jakarta terkenal banjir. Masyarakat secara langsung dalam bentuk pantungan memberikan kontribusinya, dengan memberi sumbangan pakaian, buku, dan hal-hal lainnya yang diperlukana.

Manfaat Kontribusi

Adapun mengenai manfaat dari adanya kontribusi dalam masyarakat ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Memperkuat integrasi sosial masyarakat
  2. Membantu masyarakat yang kekuarangan
  3. Mendorong masyarakat untuk bisa melakukan trobosan-trobosoan baru dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupannya
  4. Menumbuhkan sikap kepedulian dalam kehidupan masyarakat.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Pemberdayaan Masyarakat, Konsep Pemberdayaan dan Contohnya
  2. Pengertian Demografi Menurut Para Ahli dan Contoh Pentingnya Bagi Masyarakat 
  3. Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli dan Contohnya

Demikianlah tulisan mengenai Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang memerlukan makna “Kontribusi”. Trimakasih,